SHARE THIS ARTICLE

Saat Hatsune Miku pertama kali melakukan penampilan live-nya, beberapa orang melakukan kesalahan dengan menyebutnya “hologram”, padahal sebenarnya Miku muncul menggunakan teknologi proyeksi animasi 3D. Kini kita dapat membuat karakter favorit kita hidup dengan teknologi proyeksi animasi 3D serupa menggunakan perangkat komputer tablet dan “Hakoani”.

Sederhananya, Hakoani hanyalah sebuah kotak yang di dalamnya terdapat sebuah piramid terbuat dari cermin semi-transparan yang memantulkan gambar pada sebuah gadget semisal iPad. Saat iPad ditempatkan di atas Hakoani, gambar yang ada di layar akan dimunculkan secara 3 dimensi di dalam piramid tersebut menggunakan konfigurasi tertentu.

Di dalam piramid itu dapat pula ditempatkan benda-benda solid sesungguhnya seperti miniatur kursi dan meja, dan dengan keahlian dan kreativitas sang animator maka karakter favorit kita itu dapat terlihat duduk di kursi yang disediakan atau memegang tepian meja. Hal tersebut menjadi poin yang sangat penting dan bisa digunakan sebagai dekorasi rumah, permainan atau presentasi bisnis.

Khusus untuk presentasi, bentuknya yang compact dan mewah akan membuatnya lebih praktis dan bergaya untuk dipakai dibanding dengan proyektor biasa. Hal itu juga yang barangkali menjustifikasi harganya yang cukup mahal di Jepang sendiri, yaitu 36.750 yen atau setara dengan Rp 4.450.000 rupiah. Walau nampak hanya seperti kotak kaca biasa, namun lapisan berkualitas tinggi yang digunakan pada cermin di dalamnya dapat menghilangkan distorsi yang mungkin terjadi.

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=9UeFPZL0PRw]

sumber : en.rocketnews24.com

COMMENT