SHARE THIS ARTICLE

Di Jepang, pemandian air panas lebih dikenal dengan sebutan Onsen. Tahukah Anda, rupanya ada ribuan sumber air panas yang tersebar di berbagai wilayah di Jepang. Kalau yang terbaik, ada di lima tempat Onsen berikut ini!

Onsen merupakan istilah yang berarti sumber air panas dan tempat mandi berendam dengan air panas yang keluar dari perut bumi. Onsen pun jadi salah satu kegemaran turis saat liburan ke Jepang. Mereka mencari ketenangan, sambil merendamkan diri di kolam air panas yang menyegarkan. Lima Onsen terbaik di Jepang ini terpilih karena letaknya atau keunikan yang mampu membuat traveler betah berlama-lama di sana.

Dihimpun detikTravel, berikut 5 Onsen terbaik yang ada di Jepang:

1. Takaragawa Onsen, Gunma

onsen (1)
Foto: (visitgunma.jp)

Berada di Gunma, inilah Takaragawa Onsen yang ada di pinggir Sungai Takaragawa. Kolam air panasnya alami, besar dan berada di luar ruangan. Berendam di sana, rasanya menyatu dengan alam. Sambil berendam, pandangan menjadi sejuk dengan pepohonan hijau di sekitarnya.

Takaragawa Onsen sudah menjadi salah satu destinasi wisata untuk turis mancanegara. Tak heran, Takaragawa Onsen masih eksis dan tak pernah sepi pengunjung sejak dibuka 30 tahun silam. Dari Tokyo, perjalanan ke Takaragawa bisa ditempuh naik mobil dan memakan waktu sekitar 2 jam. Berendam di Takaragawa Onsen dipercaya bisa menyembuhkan masalah pencernaan, gangguan syaraf dan menghilangkan kelelahan.

2. Ooedo Onsen Monogatari, Tokyo

onsen (2)
Foto: (ooedoonsen.jp)

Ooedo Onsen Monogatari disebut-sebut sebagai Onsen terbaik yang ada di Kota Tokyo. Pemandian air panas ini berada di Pulau Odaiba yang merupakan pulau buatan di lepas kawasan Teluk Tokyo. Ooedo Onsen Monogatari adalah pemandian air panas yang modern.

Sumber mata air panas di sana berada di kedalaman 1.400 meter di bawah tanah. Ada 14 tempat pemandian di Ooedo Onsen Monogatari yang aman dikunjungi anak-anak hingga manula. Tak hanya berendam saja, tapi pengunjung juga bisa makan di restoran, ikut perawatan spa, serta wisata shopping ke pusat perbelanjaan Hirokoji dan Yaoyacho yang tak jauh dari sana. Lengkap bukan?

3. Jinata Onsen, Tokyo

onsen (3)
Foto: (CNNGO/Beniko Yamada)

Sebenarnya, Jinata Onsen berada di Pulau Shikine yang ada di Samudera Pasifik atau sekitar 160 km dari lepas pantai Tokyo. Jinata Onsen ini adalah pemandian air panas unik yang berada tak jauh dari pinggir pantai.

Pemandian air panasnya yang berupa kolam alami hanya ada ketika laut sedang surut. Saat itulah, kolam air panas alaminya muncul dan traveler bisa berendam di sana. Lokasinya berada di celah-celah bebatuan besar. Tidak ada tiket masuk alias gratis.

Untuk menuju Jinata Onsen, traveler harus trekking terlebih dulu. Di sekitar Jinata Onsen pun tak ada restoran atau fasilitas lainnya. Jadi benar-benar alami lho!

Sambil berendam, jangan lupa memandangi lautan biru luas di depan mata. Selamat datang di pemandian air panas yang tersembunyi ini.

4. Takama-ga-hara Onsen, Central Honshou

onsen (4)
Foto: (geocities.co.jp)

Takama-ga-hara Onsen merupakan pemandian air panas terbaik di Jepang yang berada di atas gunung. Lokasinya tepat berada di pegunungan bagian Jepang bagian tengah.

Untuk tiba di sana, Anda harus trekking selama satu hari penuh. Namun jangan khawatir, ada penginapan di sekitar Takama-ga-hara Onsen yang letaknya tak jauh dari pemandian air panas itu.

Suasana di Takama-ga-hara Onsen sangat tenang dan sunyi. Suasananya yang sejuk mampu membuat Anda seolah berada di dunia lain. Hanya ada Anda dan pegunungan yang puncaknya ditutupi salju. Siapa yang tak mau datang ke pemandian air panas ini?

5. Shirahama, Kansai

onsen (5)
Foto: (wakayama-kanko.or.jp)

Inilah pemandian air panas terbaik di Jepang yang lokasinya ada di pinggiran pantai. Adalah Shirama, sebuah pemandian air panas yang ada di selatan Kota Kansai.

Pemandian air panasnya dikelilingi bebatuan karang. Di depannya ada lautan biru luas. Menurut masyarakat Jepang, inilah tempatnya terbaik untuk merasakan kombinasi air panas dan suasana laut. Mau coba?

COMMENT