SHARE THIS ARTICLE

Kemajuan teknologi kini semakin berkembang pesat, termasuk di bidang robot. Dalam sebuah pagelaran acara CEATEC Japan Fair 2014 di Makuhari, Jepang, Omron Inc telah berhasil mengembangkan sebuah robot yang dinamakannya dengan Robot Ping-Pong.

Omron Robot Ping Pong
Ilustrasi Omron Kenalkan Robot Pelatih Atlet Ping Pong (foto : Ubergizmo)

Seperti namanya, Robot Ping–Pong memiliki fungsi yang dapat menemani manusia untuk bermain ping-pong, bahkan bisa sekaligus sebagai teman lawan tanding. Dalam sebuah pertunjukan yang diperlihatkan, Robot ini mampu membaca gerak-gerik lawannya dengan membaca arah bola. Seperti dikutip dari Ubergizmo, Selasa (14/10/2014).

Robot Ping-Pong sendiri, bekerja dengan menggunakan sensor array untuk menentukan tindakan selanjutnya, dan memastikan menjatuhkan bola di area lawan. Meski sayangnya, system bermainnya tidak sebagus seperti permainan yang dilakukan manusia, karena Robot ini sendiri bermain dengan mudah yang lebih cocok untuk melatih pemain baru.

Robot yang dikembangkan Omron ini sendiri, bekerja dengan mengenali gerakan lawan melalui sebuah system Image 3D Processing yang memungkinkan memindahkan bola yang diberikan lawan, dengan kecepatan yang sama. Sehingga, Bat (pemukul bola ping-pong) Robot akan bekerja dengan proyeksi otomatis dan presisi untuk mengembalikan bola tersebut.

Namun sayangya, desain Robot Ping-Pong sendiri, masih dalam bentuk yang cukup besar. Meski demikian, Robot ini dikabarkan akan resmi dirilis untuk dikomersilkan sebagai latihan untuk mengasah kemampuan para pemain Tennis Meja saat ini.

Source : techno.okezone.com
COMMENT