Share on

Perusahaan penerbangan luar angkasa SpaceX, menyatakan pengusaha yang juga miliuner Jepang bernama  Yusaku Maezawa akan menjadi penumpang pribadi pertama yang terbang mengelilingi Bulan dengan roket generasi berikutnya.

CEO SpaceX Elon Musk membuat pengumuman bersama Maezawa di sebuah pabrik roket di Los Angeles pada hari Senin lalu. Maezawa adalah CEO dari Start Today Company, yang mengoperasikan situs web fashion online utama ZOZOTOWN.

Dengan senyum yang lebar, Maezawa berkata: "Akhirnya, saya dapat memberitahu anda semua bahwa saya memilih pergi ke Bulan." Dia menambahkan dia bersemangat, merasa terhormat dan bersyukur.

Miliuner Jepang itu mengatakan dia akan mengundang beberapa seniman dari seluruh dunia untuk bergabung dengannya di atas Big Falcon Rocket untuk perjalanannya ke Bulan, yang dijadwalkan pada 2023.

Perjalanan ini merupakan perjalanan pertama yang dilakukan oleh perusahaan ruang angkasa swasta. Terakhir kali manusia mengorbit Bulan adalah selama misi Apollo AS pada 1960-an dan 70-an.

Musk, yang juga CEO produsen mobil listrik Tesla, mengatakan Maezawa adalah "orang paling berani dan petualang terbaik". Dia juga menambahkan "kami merasa terhormat dia memilih kami."

SpaceX berencana untuk mengirim kru ke Stasiun Luar Angkasa Internasional menggunakan pesawat luar angkasa baru pada awal tahun depan.

The Big Falcon Rocket yang akan ditumpangi Maezawa saat ini sedang dalam pengembangan.

(featured image: News on Japan)