Share on

Kabar baik datang dari Starbucks Coffee Japan Ltd.  Franchise café kopi asal ini mengatakan pada Rabu (25/6) bahwa mereka akan membuka cabang Stabucks pertama dengan petugas yang mampu berkomunikasi dengan bahasa isyarat bagi para pelanggan dengan gangguan pendengaran.

Cabang baru ini akan dibuka mulai Sabtu, 27 Juni besok di Kunitachi, area barat Tokyo  dengan 19 orang dari total pegawainya merupakan tunarungu. Outlet baru ini akan menjadi “signing store”  global ke-5 yang dikelola oleh Starbucks Corp., dengan usaha mereka yang ingin membuat cabang-cabang yang berfokus pada inklusi dan perbedaan.

Starbucks Jepang bahasa isyarat japanesestation.com
Menu di signing store Starbucks (mainichi.jp)

Sebelumnya, Starbucks telah memiliki 4 outlet yang menyediakan layanan bahasa isyarat di Malaysia, Amerika, dan Cina. Beberapa pegawai tuli di Jepang bahkan sempat berusaha untuk membuka signing store mereka sendiri setelah salah outlet pertama dengan layanan tersebut dibuka di Malaysia pada tahun 2016. Keinginan mereka pun terkabul pada tahun 2020 ini.

"Saya ingin agar semua orang, termasuk mereka yang menderita gangguan pengdengaran dapat menikmati kopi kami,” ujar Eri Otsuka yang bertanggung jawab atas pembukaan toko ini dalam bahasa isyarat saat konferensi pers online.

Dan sebgaai langkah pencegahan makin meluasnya wabah virus corona, outlet baru ini akan memberikan tiket dengan nomor pada pelanggannya untuk mengantri. Layanan yang diberlakukan pun hanya takeout saja untuk saat ini.