Share on

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada hari Kamis meminta para pemimpin tiga negara Eropa Tengah untuk membantu dalam sengketa panjang dengan Korea Utara terkait dengan penculikan warga negara Jepang beberapa dekade lalu. Abe mengatakan dia telah meminta "pengertian dan dukungan" pada masalah yang "sangat penting" bagi Jepang.

Advertise With Us

Jepang mengatakan Korea Utara menculik setidaknya 17 warga negara Jepang pada 1970-an dan 1980-an untuk melatih para agen bahasa dan budaya Jepang untuk memata-matai Korea Selatan. Pyongyang mengakui hanya menculik 13 dari mereka.

Shinzo Abe Bertemu 3 Pemerintah Di Slovakia Untuk Membahas Perdagangan Dengan UE Di Belgia
cr. Japan Today

Abe bertemu dengan perdana menteri Slovakia, Republik Ceko dan Polandia serta menteri keuangan Hongaria. Negara-negara membentuk kelompok yang dikenal sebagai Visegrad Four.

Pada sore hari, Abe terbang ke Brussels, di mana Jepang dan Uni Eropa berkomitmen untuk perdagangan yang adil dan terbuka serta untuk menghormati perdagangan internasional berbasis aturan dalam menghadapi apa yang mereka lihat sebagai peningkatan perlindungan perdagangan, khususnya di Amerika Serikat.

Pada pembicaraan tersebut, Abe, Presiden Dewan Uni Eropa Donald Tusk dan Presiden Komisi Uni Eropa Jean-Claude Juncker menggaris bawahi dukungan mereka untuk reformasi di Organisasi Perdagangan Dunia. "Masalah paling penting bagi komunitas internasional saat ini adalah mempertahankan rezim perdagangan bebas," kata Abe kepada wartawan,

"Tindakan pembatasan tidak untuk kepentingan negara mana pun," kata Abe, yang sedang mengadakan pembicaraan dengan Presiden AS Donald Trump di Washington, Jumat. Trump telah memutar kembali sejumlah perjanjian perdagangan sejak ia menjabat, dan menaikan tarif baja dan aluminium dari Jepang dan Uni Eropa. Juncker mengakui bahwa badan pengatur perdagangan dunia, WTO, membutuhkan reformasi.

Abe juga berbagi keprihatinannya dengan Eropa bahwa Inggris mungkin belum meninggalkan Uni Eropa tanpa perjanjian perceraian, mengingat jumlah perusahaan Jepang yang mendirikan toko di Inggris karena mereka melihatnya sebagai pintu gerbang ke Eropa.

Shinzo Abe Bertemu 3 Pemerintah Di Slovakia Untuk Membahas Perdagangan Dengan UE Di Belgia
cr. Japan Today

"Kami menyambut baik kenyataan bahwa untuk sementara waktu Brexit yang tidak kesepakatan dihindari," kata Abe, dan menyatakan harapan bahwa proses Brexit dapat berjalan dengan lancar.