Berita Jepang | Japanesestation.com

Penjualan PlayStation 5 di Yodabashi Camera, Akihabara, Tokyo pada Sabtu pagi (30/01/2021) berakhir rusuh. Berkat kerusuhan yang terjadi, pihak kepolisian Tokyo akhirnya terpaksa membubarkan event penjualan PlayStation 5 di toko tersebut.

Dilansir dari CBR, penjualan PlayStation 5 yang dilakukan oleh Yodabashi Camera tersebut merupakan event penyediaan ulang stock dari PlayStation 5 di akhir pekan. Tidak seperti toko pada umumnya, toko Yodabashi Camera diketahui menjadi salah satu toko yang ramai dikunjungi masyarakat Jepang untuk membeli PlayStation 5 karena pembelian di toko tersebut tidak memerlukan kartu kredit toko. 

Terlihat dari video salah satu pengguna Twitter, Dave Gibson, yang menunjukkan kondisi toko yang penuh dengan kerumunan pengunjung yang berdesakan. Dave Gibson yang berada di lokasi kemudian menambahkan, “Mereka membatalkan penjualan karena orang-orang mulai menggila! Mendorong dengan keras hingga membuat petugas kasir dan pegawai lainnya terdorong mundur. Aku belum pernah melihat kejadian gila seperti ini di Jepang sebelumnya...”

Huawei MatePad Pro

Kerusuhan yang terjadi diketahui bermula ketika salah satu pegawai toko muncul dengan tiket penjualan PlayStation 5. Tiket ini merupakan sistem yang diterapkan toko untuk menjual konsol game dengan cara lotere.

Mengingat PlayStation 5 terkenal sangat sulit didapat dan terdapat banyak sekali laporan terkait pencurian akan game konsol tersebut, mayoritas toko di Jepang yang menjual produk tersebut akhirnya menerapkan sistem undian acak atau lotere yang biasa disebut “chussen”.

Di Jepang, “chussen” seringkali digunakan untuk menjual berbagai barang, seperti konsol game hingga tiket konser. Dan sistem ini dianggap lebih adil karena dapat membantu mengatasi scalper atau penimbun barang yang akan menjual barang dengan harga lebih tinggi, dan reseller.

Penjualan PlayStation 5 di Jepang diketahui termasuk dalam salah satu penjualan yang sulit karena sejumlah alasan. Penyebabnya, tidak lain karena pengontrolan DualSense dari konsol game yang justru menyesuaikan dengan gaya Barat, serta tidak adanya narasi bahasa Jepang yang dihadirkan oleh konsol game tersebut. Akibatnya, banyak dari toko di Jepang yang menjual PlayStation 5 secara online.

Lebih lanjut, penjualan PlayStation 5 kini sudah tersedia di seluruh dunia dengan harga $499 untuk tipe Ultra HD Blu-ray Disc Drive, dan $399 untuk tipe Digital Edition tanpa Disc Drive.