Berita Jepang | Japanesestation.com

Senin (01/04) lalu, Kebun Binatang Oji di Kobe mengumumkan kematian panda raksasa tertua di Jepang, Tan Tan, pada usia 28 tahun. Tan Tan datang ke Jepang tahun 2000 dari Tiongkok untuk tujuan berkembang biak. Tan Tan sempat dijadwalkan untuk pulang pada Juli 2020 silam, namun ditunda karena adanya pandemi Covid-19 dan perawatan penyakit jantung yang dideritanya.

Dikutip dar Mainichi, Kebun Binatang Oji mengumumkan adanya serangan jantung yang dialami Tan Tan pada Minggu malam, namun upaya untuk menyadarkan Tan Tan tidak berhasil. Pihak kebun binatang meyakini jika kematian Tan Tan disebabkan oleh komplikasi dari penyakit jantungnya. Tan Tan telah menjalani perawatan untuk penyakitnya sejak terdiagnosis tahun 2021 lalu.

Tan Tan telah berperan dalam hubungan persahabatan antara Jepang dengan Tiongkok dan menjadi penyemangat penduduk setelah gempa besar Hanshin tahun 1995 yang melanda Kobe dan sekitarnya. Sejak musim semi tahun 2022 lalu, kebun binatang tak lagi menampilkan Tan Tan karena kondisi kesehatannya. Pihak kebun binatang berencana untuk mendirikan stan bunga mulai hari ini dan mempertimbangkan untuk mengadakan acara perpisahan bagi penduduk.

Selamat jalan, Tan Tan!