Berita Jepang | Japanesestation.com

Masa libur nasional Golden Week di Jepang telah mulai pada Sabtu (27/04) hari ini. Para wisatawan dilaporkan memenuhi bandara dan stasiun di seluruh penjuru Jepang. Meningkatnya biaya liburan ke luar negeri karena melemahnya mata uang yen tidak menyurutkan antusiasme orang-orang untuk berwisata pasca pandemi usai.

Dikutip dari Mainichi, seorang wisatawan di Bandara Internasional Haneda mengaku akan berlibur ke Singapura bersama temannya untuk merayakan kelulusan yang sempat tertunda saat pandemi melanda seluruh dunia. Terminal keberangkatan internasional terpantau ramai oleh wisatawan. Seorang wisatawan lainnya juga mengungkapkan akan pulang sejenak ke Taiwan, namun ia cukup khawatir dengan naiknya harga oleh-oleh karena melemahnya yen.

Lebih dari 2,6 juta kursi telah dipesan untuk penerbangan domestik hingga 6 Mei mendatang. Jumlah penerbangan internasional naik sekitar 20% dibandingkan dengan periode liburan tahun lalu. Sementara itu, sebanyak 2,96 juta kursi shinkansen dan kereta lainnya telah dipesan hingga 6 Mei. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, angka ini menunjukkan kenaikan sebesar 16% dan naik 7% jika dibandingkan dengan tahun 2018 sebelum pandemi Covid-19.

Menurut keterangan beberapa perusahaan kereta api, angka kemacetan diprediksi akan mencapai puncaknya pada 3 dan 6 Mei mendatang.