Berita Jepang | Japanesestation.com

Protokol stay at home dan social distancing sebagai tindak penanggulangan penyebaran COVID-19 menyebabkan sulitnya berkumpul di fasilitas umum, sehingga aktivitas sosial menurun tajam. North Safari Sapporo, sebuah kebun binatang di Sapporo, Hokkaido, telah merasakan dampaknya. Saat memasuki periode yang seharusnya sibuk, pengelola justru harus membatasi kehadiran pengunjung dan bahkan menutup kebun binatang sementara. Namun, meski tidak ada pengunjung, kebun binatang tetap mendukung kesehatan hewan dan para pekerjanya, serta menjaga rutinitas perawatan fasilitas. 

North safari sapporo zoo
Mr. Horse (north-safari.com)

Dengan adanya motivasi menjaga kesehatan hewan, "Mr. Horse” (nama alias staf kebun binatang) mengumumkan kerja sama dengan mangaka terkenal untuk merilis barang guna membantu upaya kebun binatang.

Proyek ini merupakan kolaborasi dengan mangaka dan ilustrator yang lahir dan besar di Hokkaido, atau yang menggambar karya yang berhubungan dengan hewan dan kebun binatang. Barang orisinal seperti kalender, kaos oblong, gantungan kunci, dan handuk tangan diproduksi menggunakan ilustrasi hewan yang digambar oleh masing-masing mangaka. 

North Safari Sapporo zoo
Poster ilustrasi merchandise (north-safari.com)

Barang-barang tersebut menampilkan ilustrasi yang didesain oleh mangaka berikut ini:

- Arakawa Hiromu (Fullmetal Alchemist, The Heroic Legend of Arslan)

- Shuji Sogabe (Prince of Stride, Persona 4 versi komik)

- Karino Takatsu (Working!!, Dust Box 2.5)

- Akira Himekawa (The Legend of Zelda, Wild Animals I Have Known)

- Katsumi Tatsuzawa (BENJIE, Versus Gyoshin-san!)

- Kazuhiro Fujita (Ushio and Tora, Karakuri Circus)

North safari sapporo zoo
Mr. Horse dengan merchandise kolaborasi (grapee.jp)

Bagi kamu yang berada di Jepang dan ingin membantu upaya menjaga kesehatan hewan dan lingkungan kebun binatang, dapat membeli merchandise ekslusif tersebut di situs resmi North Safari Sapporo Zoo