Berita Jepang | Japanesestation.com

AKB48 adalah grup idol yang sangat terkenal di Jepang. Beberapa faktor membedakannya dengan idol lain. Salah satunya adalah fokus mereka pada pertunjukan langsung. Saat mereka tidak sedang tur, AKB48 mengadakan konser reguler di Teater AKB48 di daerah Akihabara, Tokyo. Berbeda dengan stadion dan arena tempat diadakannya pertunjukan oleh artis lainnya, Teater AKB48 adalah "rumah" bagi para idola dimana itu adalah tempat yang dapat membentuk ikatan antara para idola dan penggemar mereka.

Karena tidak ada yang meramalkan AKB48 akan menjadi sangat sukses seperti sekarang, teater tersebut tidak memiliki struktur tersendiri. Teater ini menempati lantai delapan dari sebuah gedung, dimana gedung tersebut dipakai juga oleh retailer Don Quijote cabang Akihabara, dan sebuah arkade video game.

akb48 theater
AKB48 Theater (soranews24.com)

Tetapi untuk menjaga status superstar yang telah dicapai AKB48, selama bertahun-tahun tanda terbesar di luar adalah banner yang mempromosikan grup idola dan teaternya tersebut. Namun, pada 1 April terjadi pergantian dimana tanda AKB48 diganti dengan iklan video game hits China, Genshin Impact.

Mungkin kamu berpikir ini april mop, tapi tentu tidak setelah melihat foto-foto ini

Namun, ini bukan berarti teater AKB48 ditutup karena pandemi.

Belum ada alasan yang jelas mengapa hal ini terjadi. Jika melihat jadwal teater untuk Januari dan Februari menunjukkan kalender yang hampir seluruhnya kosong, dengan hanya satu pertunjukan pada 1 Januari, ada kemungkinan bahwa kontrak iklan gedung harus ditetapkan jauh sebelumnya sementara teater tidak tahu kapan akan dapat memulai konser lagi. Sehingga mereka mengundurkan diri dan meninggalkan ruang untuk Genshin Impact.

Kemungkinan lainnya adalah mungkin anggaran pemasaran Genshin Impact sekarang sangat besar sehingga mereka dapat mengalahkan AKB48 bahkan di wilayah asalnya, atau mungkin manajemen unit idola hanya memutuskan bahwa mereka sekarang cukup terkenal sehingga mereka tidak perlu beriklan sebanyak dulu.

Bagaimana menurut kamu?