SHARE THIS ARTICLE

takahashi-minami-politician-1

Dalam sebuah wawancara di salah satu acara televisi, anggota grup idol Jepang AKB48 Minami Takahashi mengungkapkan keinginannya untuk menjadi anggota House of Representatives (semacam Dewan Perwakilan Rakyat di Jepang). Dalam wawancara dengan tema “House Election 4 years later”, ia berkata, “Aku tertarik akan hal itu. Kurasa akan sangat bagus jika suatu saat aku dapat (mencalonkan diri menjadi anggota dewan).”

Takamina mulai tertarik akan dunia politik setelah jurnalis politik bernama Soichiro Tahara, yang juga adalah seorang fan Takamina, mengatakan padanya untuk mulai belajar mengenai pemilihan umum untuk pemilihan 4 tahun yang akan datang.

Yasushi Akimoto melihat bahwa Takamina memiliki bakat untuk terjun ke dunia politik. General Producer dari AKB48 itu mengatakan, “Ia lebih cocok menjadi seorang politisi daripada seorang idol.”

Tahara yang mendengar pernyataan Akimoto tertarik dengan pernyataan tersebut dan ia mulai secara berkala mengunjungi Teater AKB48 dan pada akhirnya menjadi seorang penggemar dari grup idol itu.

Dalam sebuah acara TV berjudul Dare datte Haran Bakusyou pada tanggal 3 Maret, Tahara yang kebetulan menjadi tamu menunjukkan VTR dari hasil wawancaranya dengan Takamina. Dalam video tersebut, setelah Tahara memberitahu bahwa oshimen-nya adalah Takamina, Takamina berkata dengan mata berbinar-binar, “Aku sangat senang dan terkejut mengetahui bahwa ia benar-benar mengenal dan mengingat diriku.” Takamina sempat bertemu Tahara beberapa kali dan berbincang-bincang mengenai banyak hal, dan pujian Tahara mengenai gaya berbicaranya di atas panggung telah membuat Takamina merasa lebih percaya diri. Pada akhirnya, Tahara berpendapat bahwa Takamina memang cocok untuk terjun ke dalam dunia politik.

Tahara mendorong Takamina untuk segera mencari posisi politisnya untuk masa depan, dan Takamina menganggap bahwa kata-kata Tahara hanyalah sekedar bercanda. Namun ketika Tahara berkata dengan sangat serius, “Lebih baik kau mulai belajar politik sejak saat ini karena 4 tahun lagi kita akan menggelar pemilihan umum,” Takamina pun menyadari bahwa pria berusia 78 tahun tersebut tidak main-main dengan ucapannya.

takahashi-minami-politician-2

Sejak saat itu, mungkin karena terpengaruh oleh Tahara, saat Takamina ditanya oleh para staf mengenai kemungkinan dirinya mencalonkan dirinya sebagai anggota House of Representatives, ia menjawab, “Memang benar bahwa aku memiliki perhatian terhadap dunia politik, dan karena Tahara-san telah memberitahuku mengenai hal itu, kau tahu aku tidak bisa mengatakan bahwa aku tidak tertarik sama sekali.”

Takamina juga mengungkapkan bahwa Tahara telah berkata padanya jika ia memang menjadi seorang politisi, Tahara akan menjadi ketua tim suksesnya. Dan Takamina memberikan jawaban dalam bentuk pesan video yang mengatakan, “Jika suatu saat hal tersebut menjadi kenyataan, aku akan memohon kerja sama Anda.”

Mungkin alasan mengapa Tahara sangat bersemangat menjadikan Takamina seorang politisi adalah sebagian karena komentar dari Akimoto tersebut. Namun, ia benar-benar mengikuti Takamina sebagai pemimpin AKB48, dan dari hasil pengamatannya sendiri, ia menyimpulkan, “Kepemimpinannya sangat mengagumkan. Suaranya saat pembukaan konser AKB48 di TOKYO DOME benar-benar hebat, dan bahkan saat ia kalah di Turnamen Janken, ia dengan cepat mengubah cara pandangnya dan memimpin acara tersebut dengan luar biasa.”

Jepang adalah salah satu negara yang politisinya banyak yang berasal dari selebritis TV (komedian, aktor dan aktris, bahkan idol), namun jika Minami Takahashi suatu saat benar-benar mencalonkan dirinya sebagai anggota dewan, hal itu dapat dipastikan akan sangat menarik perhatian publik, dalam sejarah politik Jepang yang memiliki kebiasaan aneh yang telah tertanam kuat untuk mengamankan kursi parlemen.

Sources :
COMMENT