Mengenalkan Keindahan Hijab di Jepang, Rahmalia Aufa Yazid Jadi Sorotan Dunia Fashion

2 min


Hijab merupakan busana yang lekat sekali dengan umat muslim, Rahmalia Aufa Yazid, seorang muslim berdarah Indonesia di Jepang tengah menjadi sorotan dunia fashion dan media internasional karena penampilannya yang inspiratif mengangkat keindahan hijab yang dipadupadankan dengan beragam busana modern.



Instagram : @aufatokyo

Instagram : @aufatokyo

Rahmalia Aufa Yazid yang lahir dan besar di Tokyo, Jepang tidak pernah mendapatkan paksaan untuk mengenakan hijab dari orang tuanya, Soal kepercayaan pun, sebagian besar panduan didapatkan dari kedua orangtuanya. Kendati demikian, dia pun akhrinya memutuskan untuk mengenakan hijab ketika menginjak umur 18 tahun.

Pada mulanya dia sangat berjuang untuk mengenakan hijab, sempat merasa sangat asing karena menjadi satu-satunya murid di sekolah yang mengenakan hijab, hingga merasa ketinggalan jaman.

Tidak hanya soal label orang asing, tetapi busanaku yang secara konsisten dipakai merupakan hijab lama dan baju yang sangat berbeda dengan busana populer di Jepang saat itu,” tuturnya lewat Instagram dengan nama @aufatokyo.

Semua kegelisahan Aufa berubah ketika dia menjumpai busana karya Hana Tajima, seorang desainer campuran Inggris dan Jepang yang memeluk Islam di usia remaja.

Melihat karya Tajima “Uniqlo Modest Collection“, Aufa menyadari bahwa dia tidak harus merasa asing ketika memakai hijab di keramaian Tokyo.



Instagram : @hntaj

“Ini moment ketika mengenakan hijab berubah dari sesuatu yang Impersonal, busana religious menjadi sesuatu yang sangat nyata bagi hidup saya”

Aufa memadu padankan berbagai busana hijab yang ia miliki dengan berbagai macam merek fashion kenamaan seperti UNIQLO, ZARA, G.U, dll tanpa mengurangi nilai kesopanan dan keagamaan dalam memakai hijab.

Larangan agama islam tentang mewajibkan wanita untuk menutupi aurat adalah hal yang paling dia nikmati dalam berbusana. Karena dalam berhijab, wanita dilarang untuk memamerkan bagian-bagian seperti leher, tangan, dan kaki, sangat sulit untuknya mencari busana yang cocok dan tetap seimbang.

“tapi untuk saya, hal ini merupakan bagian yang menyenangkan, seperti memecahkan teka-teki”

Instagram : @aufatokyo

Instagram : @aufatokyo

Kerja kerasnya selama ini menuntun dia menjadi pribadi yang lebih taat akan kepercayaanya terhadap agama Islam di tengah masyarakat dimana muslim menjadi agama yang minoritas. Ia menggunakan karyanya untuk menunjukan kepada orang-orang bahwa mereka dapat memakai hijab, hidup normal, tanpa merasa asing.

Aku ingin dunia lebih memahami dan mengenal agama Islam, mengubah prasangka yang salah tentang agama, dan membantu orang-orang menyadari nilai hidup dalam masyarakat yang beragam. Aku ingin menunjukan diriku, seorang muslim yang kuat dengan hidup yang indah, melalui karya yang aku buat.”

Featured Image : Rahmalia Aufa Yazid / IG: @aufatokyo

Source : Buzz Feed News


What's Your Reaction?

LOL LOL
76
LOL
Sugoi! Sugoi!
219
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
118
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
130
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
22
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
41
Daisuki!
Kowai Kowai
41
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
154
Kawaii~
awan_marah

Kalau bisa besok, kenapa harus sekarang..

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes