SHARE THIS ARTICLE

124817_mat1

Gerombolan orang dengan pakaian putih-putih memadati hutan di Jepang. Obor dengan api menyala-nyala mendominasi pemandangan. Semua tampak khusyuk berdoa. Inilah Nachi no Hi Matsuri, festival mistis di Jepang.

Jepang dikenal dengan berbagai festival yang menarik untuk dilihat. Mulai dari festival bunga hingga festival keramat yang sangat sakral.

Dari semua festival yang ada, Nachi no Hi Matsuri adalah salah satu yang paling ramai diikuti. Festival ini juga menjadi salah satu festival api terbesar di Jepang.

Nachi no Hi Matsuri bisa turis lihat di Pegunungan Kumano, Prefektur Wakayama, Jepang. Dari JNTO, Jumat (12/9/2014), pegunungan ini masuk dalam daftar situs warisan dunia.

Lokasi utama Nachi no Hi Matsuri ada di Otaki Niagara atau air terjun Otaki. Bagi masyarakat Jepang, air terjun Otaki merupakan air terjun keramat. Air terjun ini juga dijadikan tempat ibadah dan dianggap sebagai dewa.

Selama festival, wisatawan bisa melihat adegan sakral yang bikin bulu kuduk berdiri. Betapa tidak, 12 obor raksasa dibawa peserta selama festival berlangsung. Tak ketinggalan ucapan mantra.

Pertama-tama, peserta festival akan membawa miniatur kuil yang digotong beramai-ramai. Sambil berteriak, mereka berjalan dan mengucapkan mantra-mantra.

Sementara itu, peserta lain akan berlari sambil memegang obor. Obor ini nantinya akan dibawa ke air terjun. Di sinilah ritual sesungguhnya dimulai.

Peserta akan berdoa untuk dewa air terjun. Berbagai doa dipanjatkan, seperti haraoan diberi kesehatan, dan kesehatan. Tak cuma peserta, turis pun bisa ikut berdoa di sana.

COMMENT