SHARE THIS ARTICLE

Mengenal Aneka Variasi Ramen Khas JepangJepang dikenal sebagai salah satu negara Asia yang kaya akan keanekaragaman kuliner. Salah satu kuliner khas Jepang yang kini mulai populer dan digemari masyarakat dunia adalah mie ramen. Meski banyak restoran mie ramen yang tersebar di seluruh penjuru dunia, namun rasa otentik mie ramen khas Jepang tentu tidak bisa digantikan dengan cita rasa yang sudah dimodifikasi.

Di Jepang, cita rasa mie ramen juga berkembang sesuai dengan selera dan cita rasa khas dari masing-masing daerah. Beberapa varian mie ramen berikut ini adalah yang paling populer di Jepang:

Tokyo Ramen

Tokyo ramen adalah salah satu jenis mie ramen yang paling populer dan dikenal sebagai hidangan khas Jepang. Dengan kekentalan kaldu ringan, kuah kaldu Tokyo ramen biasanya terbuat dari campuran shoyu dan kaldu ikan dashi. Konsistensi kaldu yang tepat membuat Tokyo ramen menjadi salah satu varian mie ramen yang paling digemari masyarakat dunia.

Sapporo Ramen

Berbeda dengan Tokyo ramen yang kaldunya cenderung ringan, Sapporo ramen memiliki tingkat konsistensi kaldu yang kental dan kaya akan lemak hewan. Salah satu ciri khas Sapporo ramen adalah topping berupa butter yang creamy serta taburan jagung manis yang sudah dipipil.

Asahikawa Ramen

Mie ramen yang satu ini memiliki tingkat konsistensi kaldu sedang namun lebih berminyak. Warna kaldunya yang gelap diperoleh dari bahan dasar shoyu. Asahikawa ramen biasanya menggunakan bahan dasar berupa mie yang berukuran kecil dan berbentuk keriting. Sebagai topping, irisan daun bawang, telur dan daging biasanya ditambahkan pada varian mie ramen yang satu ini.

Kitakata Ramen

Kitakata ramen adalah salah satu mie ramen dengan tingkat konsistensi kaldu yang paling ringan. Biasanya, kaldu Kitakata ramen dibuat dari kaldu ayam yang dipadukan dengan mie lebar bertekstur kenyal. Untuk urusan topping, Anda bisa memadukan irisan daging ayam, telur, irisan daun bawang, dan bahan topping lainnya sesuai selera.

Onomichi Ramen

Bagi Anda para penggemar seafood, Onomichi ramen bisa menjadi varian mie ramen yang paling tepat. Dengan menggunakan mie berukuran tipis dipadu dengan kekentalan kaldu sedang, Onomichi ramen biasa disajikan dengan aneka seafood seperti cumi-cumi, udang, atau jenis seafood lainnya.

Setelah mengenal aneka varian mie ramen tersebut, Anda bisa menentukan jenis mie ramen yang sesuai dengan selera Anda.

Source : bungasari.com
COMMENT