SHARE THIS ARTICLE

bahan masakan jepangBeef teriyaki, sushi, miso sup dan mie ramen beberapa nama masakan Jepang yang sudah tidak asing di telinga dan lidah kita. Ingin membuatnya sendiri? Biasanya yang menjadi kendala karena tidak mengenal nama bahan-bahan yang akan digunakan. Tetapi sekarang tidak perlu khawatir, di bawah ini adalah jenis beberapa bahan masakan Jepang yang sering digunakan.

Beberapa bahan masakan Jepang yang terdapat di pasaran di antaranya:

Jamur Enokitake
Jamur ini banyak digunakan dalam berbagai masakan sup. Jamur memiliki tekstur yang garing dan aroma yang segar. Dapat dijumpai di supermarket dalam bentuk kering dan tahan di lemari es selama satu minggu.

Jamur Shitake
Juga disebut dengan jamur hioko. Shitake biasanya digunakan dalam sup, tempura dan beberapa masakan yang lainnya. Jamur ini memiliki warna cokelat gelap dan bau yang sangat khas terutama dalam kondisi fresh. Di pasaran kita dapat menjumpai jamur ini dalam bentuk kering dan fresh.

Jamur Enoki
Warna putih jamur ini seperti warna taoge. panjangnya kira-kira 5-7 cm dan biasanya digunakan dalam sup dan sabu-sabu. Kita dapat menjumpai dipasaran dalam bentuk fresh.

Aburage
Aburage adalah bahan makanan yang berupa lembaran tahu berbentuk tipis yang digoreng dengan minyak. Fungsinya adalah menyerap kaldu dalam masakan sup atau untuk membungkus makanan lain. Aburage juga dikenal dengan nama usu-age atau inari-age.

Dashi
Merupakan kaldu dasar untuk membuat masakan Jepang. Dashi terbuat dari sari konbu yang dimasukkan ke dalam air mendidih dan kemudian disaring. Digunakan dalam sup dan sabu-sabu.

Katsuobushi
Katsuobushi adalah makanan awetan baku ikan cakalang (kat-suo). Katsuobushi diserut seperti parutan kayu untuk diambil kaldunya yang merupakan bahan dasar masakan Jepang, ditaburkan di atas makanan sebagai penyedap rasa atau dimakan biasa untuk campuran nasi.

Konbu
Konbu adalah ganggang laut dari spesies laminaria. Konbu biasanya dipakai sebagai bahan dasar kaldu yang disebut dengan dashi, dimasakan bersama sayuran dan daging. Konbu mentah dijual dalam bentuk kering dengan ukuran yang berbeda-beda.

Nori
Nori adalah nama dari salah satu rumput laut. Biasanya digunakan sebagai hiasan dalam masakan Jepang terutama pada sushi. Nori dibedakan pada ukurannya. Kita dapat menjumpai nori dalam bentuk kemasan di beberapa supermarket di Jakarta.

Mirin
Mirin merupakan bumbu dapur masakan Jepang, berupa cairan berwarna kuning dan rasanya manis. Biasanya digunakan dalam pembuatan saus. Mirin juga mengandung alkohol. Tujuan penggunaan mirin adalah untuk menghilangkan bau amis pada makanan. Alkohol dan mirin berasal dari beras yang telah mengalami fermentasi.

Miso
Miso adalah bahan makanan Jepang yang merupakan fermentasi dari rebusan kedelai. Berwarna cokelat, hitam dan krem kekuningan, teksturnya seperti selai kacang. Penggolongan nama miso sesuai dengan warnanya.

Source : casavina.com
COMMENT