SHARE THIS ARTICLE

Omelette Sayuran Cooking Papa

Kala sejumlah manga dan anime masak seperti Shokugeki no Souma dan Yakitate Japan mengandalkan reaksi ‘lebay’ untuk menunjukkan betapa enak menu-menu yang mereka tampilkan, lain halnya dengan Cooking Papa yang lebih berpusat pada kehangatan keluarga dan menu-menu rumahan yang bisa membuat orang-orang terdekat yang memakannya tersenyum dan merasakan cinta kasih dari yang memasaknya. Dalam manga, sang protagonis utama, Kazumi Araiwa pertama kali memasak omelette dicampur sayuran sisa bagi adiknya yang menangis karena muak dengan roti dan makanan cepat saji dari supermarket, karena ayah mereka telah meninggal dan sang ibu selalu bekerja sampai larut malam. Sama-sama belajar membuat hidangan sederhana yang penuh kehangatan ini, yuk~

Omelette Sayuran Cooking Papa 1
Manga ‘Cooking Papa’

Bahan-Bahan (2 porsi):

3 butir telur
1/4 bawang bombay
sedikit kol
1/3 wortel
1/2 sosis ikan (gyoniku soseji)
2 batang daun bawang tipis (aonegi)
sedikit bawang putih dan jahe
segenggam serutan ikan bonito kering (katsuobushi)
sedikit minyak
1 sdm mentega
Garam, merica, gula secukupnya

Cara Memasak:

1. Potong-potong sayur-sayuran dan sosis.
2. Pecahkan telur ke dalam mangkuk, tambahkan potongan sayuran dan sosis tadi, serta sedikit gula, garam, dan merica, lalu kocok rata.
3. Panaskan wajan/teflon (lebih baik menggunakan egg roll pan, atau teflon khusus omelette) dan tambahkan sedikit minyak dan 1sdm mentega.
4. Tuang kocokan telur sekaligus, dan masak di atas api besar sampil mengaduknya dengan sumpit. Saat telur mulai menggumpal dan menebal, ratakan permukaannya agar sama tingginya. Kecilkan api ke panas yang paling rendah, tutup penggorengan dan biarkan selama 5 menit sampai matang.
5. Matikan api, balik omelette dan masak kembali sisi sebelahnya ini di atas api sangat kecil selama 5 menit sambil ditutup seperti tadi. (Cara membalik yang mudah adalah dengan membalikkan penggorengan dan tutupnya, hingga omelette terbalik di atas tutup, barulah dimasukkan kembali ke dalam penggorengan).
6. Sajikan dengan dipotong kotak-kotak seperti martabak dengan taburan katsuobushi di atasnya.

Source : ajw.asahi.com
COMMENT