SHARE THIS ARTICLE

Lukisan Kucing Kuno Buktikan Kecintaan Jepang Terhadap Kucing 1

Banyaknya kucing-kucing yang berwajah menggemaskan di Jepang kerap menjadi inspirasi para pelaku seni di sana dalam membuat karya. Ternyata kebiasaan ini sudah berlangsung sejak lama dan terungkap saat ditemukannya lukisan kucing kuno yang dibuat oleh pelukis terkenal Jepang bernama Shunso Hishida.

Lukisan Kucing Kuno Buktikan Kecintaan Jepang Terhadap Kucing 6
image: blog.goo.ne.jp/rock_et_nothing/

Hishida yang hidup di era 1900-an termasuk dalam tokoh penting pergerakan kesenian Jepang. Gaya lukisannya yang disebut morotai telah dihargai sebagai harta warisan nasional Jepang dan salah satu karyanya yang terkenal bercerita tentang kucing dalam lukisan yang diberi judul Kuroki Neko.

Lukisan Kucing Kuno Buktikan Kecintaan Jepang Terhadap Kucing
Kuroki Neko | image: wikipedia.org

Kuroki Neko yang kini berada di Kumamoto Prefectural Art Museum menceritakan tentang seekor kucing hitam. Tidak hanya satu itu saja, melainkan masih banyak lagi yang menggambarkan kucing, dari Shiroki Neko, Shunjitsu, Neko Ume, Ume ni Neko, Tsubaki ni Neko sampai ke Kuroneko di tahun 1910.

Lukisan Kucing Kuno Buktikan Kecintaan Jepang Terhadap Kucing 3
image: kousatsublog7.blog.fc2.com
春日.tif
image: mizunoart.exblog.jp

Ditemukan persamaan bahwa kedua kucing tersebut mirip yaitu kucing hitam dan putih. Apakah mereka semua benar-benar liar atau merupakan peliharaan Hishida? Yang pasti keduanya sangat lucu dan membentuk sejarah Jepang ke depannya. Apa dahulu kucing-kucing dipelihara oleh banyak orang seperti saat ini ya?

Source : Rocketnews24
COMMENT