Share on

Pernahkah kamu bertanya-tanya apa sih rahasia kecantikan kulit wanita Jepang yang cantik dan cerah meski telah berumur? Ternyata, ada rahasianya lho. Selain rutinitas pemakaian daily skincare, masih banyak yang mereka lakukan untuk melindungi kulit mereka dari sinar UV. Salah satunya, konon mereka memakai tanning machine agar terlihat putih. Benarkah?

Bagi orang Jepang, kecantikan kulit sama artinya dengan kulit cerah dan lembut yang mereka sebut dengan nama  “Bihaku” (putih yang cantik). Karena itu, tak aneh jika wanita-wanita Jepang berambisi untuk memiliki kulit putih cerah dan inilah yang membuat mereka sangat berhati-hati untuk menghindari cahaya matahari ketika musim panas agar kulit mereka tetap putih.

Nah, kini ada teknologi baru untuk membuat kulitmu putih pucat seperti boneka porselen, white tanning machine! Mesin yang juga disebut sebagai Collagen Machine di Jepang ini sempat booming juga lho di Korea.  

Collagen tanning machine (instagram: 0214hiro)
Collagen tanning machine (instagram: 0214hiro)

Mesin ini bekerja dengan mengembalikan kolagen ke dalam tubuhmu dan tak hanya membuat kulitmu terlihat cerah, mesin ini konon menyehatkan dan bisa mencegah munculnya  spot-spot penuaan lho. Collagen Machine ini terlihat seperti tanning machine biasa dari luar, tapi hanya bagian badanmu lah yang terpapar cahaya merah/pink-nya selama 30 menit. Cahaya pink dari lampunya akan menstimulasi kolagen dalam kulitmu dan mengaktifkannya, membuatmu terlihat lebih muda dengan kulit cerah dan lembut seperti yang kamu inginkan.

Setelah melakukannya beberapa kali, kamu akan menyadari bahwa kulitmu terlihat jauh lebih sehat, bercahaya, dan lebih kencang dari sebelumnya. Keren kan?

Mesin ini sangat cocok untuk membuat warna kulitmu kembali seperti sedia kala setelah terlihat gelap karena musim panas. Tertarik?

Nah jika ingin berwisata ke Jepang ketika musim panas, wajib nih lebih berhati-hati untuk menjaga kondisi kulitmu. Suhu, kelembapan, dan sinar UV saat musim panas di Jepang adalah musuh besar buat kulitmu. Karena itu, melembabkan kulit  jadi hal wajib agar kulitmu tidak kering.

Sunscreen juga penting lho untuk kulitmu, karena ketika terpapar sinar UV kulitmu bisa terlihat lebih gelap. Cara mendapatkannya juga mudah, karena bisa ditemukan di berbegai toko dan apotek di Jepang,

Ada rekomendasi nih, Matsumoto Kiyoshi Suncut Aqualy UV Protect Gel (SPF 50+ PA++++) dan Coppertone UV Perfect UV Cut Spray (SPF 50+ PA++++).

Selain itu, bisa memakai UV Face Mist (Privacy SPF 50+ PA++++) dan sunscreen mungil Protection Super A plus yang bisa kamu bawa ke manapun.

Kamu juga bisa memakai Shiseido Sun Care BB Compact for Sports QD (SPF50 + / PA +++)  jika  tidak menggunakan make up berlebih ketika musim panas atau Bioré UV (SPF 50+ PA++++).

Nah, intinya jika ingin memiliki kulit putih cantik seperti orang Jepang, jangan lupa gunakan sunscreen dan rutin dengan daily skincare-mu. Pakai payung ketika bepergian juga bisa membantu lho! Atau ingin mencoba Collagen Machine juga?