Keunikan Distrik Hakata dan Kota Fukuoka, Kota Pelabuhan yang Dipenuhi Turis Korea Selatan


The cityscape of Hakata (featured image : Gaijinpot)

Hakata adalah sebuah wilayah yang terletak di Hakata-ku di Kota Fukuoka, sebelah timur Sungai Naka-gawa, dan merupakan salah satu daerah pusat di Fukuoka, kota terbesar di Kyushu. Kota Fukuoka adalah kota yang berkembang di kedua sisi Sungai Naka-gawa, sejak Kuroda Nagamasa, seorang jenderal tentara samurai pada abad ke-17, membangun Kastil Fukuoka di sana. Sisi timur sungai telah berkembang sebagai Hakata, sebuah kota pedagang, sementara sisi barat berkembang sebagai Fukuoka, sebuah kota benteng. Baru-baru ini, dengan masuknya wisatawan dari negara-negara Asia lainnya, kota ini juga telah menjadi tujuan wisata internasional.


Tapi tahukah kamu apabila distrik Hakata memiliki beberapa keunikan, diantara lain :

1. Dibanjiri penduduk asing

Mungkin masih jarang bagi orang Indonesia untuk tinggal di Fukuoka, tetapi Per Desember 2002, Kota Fukuoka memiliki 17.665 warga asing yang terdaftar. Cina adalah yang paling banyak yaitu sekitar 7.450 penduduk sementara orang Korea berada di posisi kedua dengan 6.492 penduduk. Kedua kebangsaan ini membentuk sebagian besar penduduk asing Fukuoka. Orang-orang Filipina berada di urutan ketiga dengan 705 penduduk, orang Amerika keempat dengan 567 dan orang Inggris yang kelima dengan 216 penduduk.

2. Kota Pelabuhan yang terkenal

Sekitar 880.000 turis memasuki atau meninggalkan Jepang setiap tahun dengan kapal, yang menggunakan pelabuhan di seluruh negeri. Mayoritas 460.000 turis menggunakan rute dari Fukuoka ke Busan, sehingga menjadikan Pelabuhan Hakata menjadi pelabuhan penumpang tersibuk di Jepang. Sebagian besar  yaitu sekitar 300.000 turis menggunakan jetfoil Beetle.

Fukuoka Sea Side (image : Fukuoka City Photo Gallery)
3. Hakata adalah Fukuoka dan Fukuoka adalah Hakata

Warga setempat mengatakan ‘Fukuoka wa Hakata, Hakata wa Fukuoka‘ (Fukuoka adalah Hakata; Hakata adalah Fukuoka) yang berarti satu dan sama.

4. Terkenal karena seragam sailornya yang lucu

Siapa yang tak kenal dengan seragam siswi Jepang yang berdesain layaknya pelaut. Salah satu desain yang bisa kita ingat adalah seragam yang digunakan para superhero kebajikan Sailor Moon. Tapi tahukah kamu apabila baju seragam pelaut itu sangat identik dengan kota pelabuhan ini?

5. Merupakan kota sahabat turis Korea Selatan

Bila kalian berkunjung ke Fukuoka atau Hakata, kalian berada lebih dekat ke ibukota Korea Selatan daripada Jepang. Fukuoka berjarak 883 kilometer (atau sekitar satu setengah jam dengan pesawat terbang) dari Tokyo, dan hanya berjarak 540 kilometer (atau satu jam dan 20 menit penerbangan) dari Seoul. Saking dekatnya dengan Korea Selatan kalian akan menemukan banyak sekali turis Korea Selatan di berbagai tempat dan sudut kota. Uniknya lagi keterangan map di Google pun kadang penuh dengan Hangul atau komentar-komentar menggunakan bahasa Korea.

Yatai in Fukuoka (image : Japan Info)
6. Memiliki restoran terbanyak setelah Tokyo

Dengan 4.2 restoran untuk setiap 1.000 orang, Fukuoka berada di urutan kedua setelah Tokyo yang menjadi konsentrasi restoran tertinggi di Jepang. Sebenarnya, kota ini mengalahkan Singapura, New York, Hong Kong dan kebanyakan kota besar lainnya di dunia. Selain restoran, kota ini juga terkenal akan jajanan pinggiran jalannya yang selalu buka setiap malam.

7. Terkenal dengan HAKATA RAMEN

Kalian seorang ramen addict? Hakata adalah tempat yang cocok untuk kalian kunjungi. Selain ramennya sangat enak, harganya pun dibanderol dengan harga yang murah. Salah satu ramen terkenal yang direkomendasikan adalah Ichiran Ramen, selain rasanya yang gurih kalian juga bisa memilih level pedas sesuai selera. Sayangnya, ramen yang tersedia di kota ini kebanyakan non-halal atau menggunakan babi untuk bahan dasar supnya.

Ramen Terkenal di distrik Hakata
Ichiran Ramen (image : Newyorker)
8. Kota ini disebut kota anak muda

Fukuoka memiliki salah satu populasi paling bersemangat di Jepang: 19,5 persen penduduknya – hampir satu dari lima – berusia antara 15 dan 29 tahun. Dengan 9,6 bayi baru per 1.000 orang, sehingga Fukuoka menjadi salah satu kota dengan tingkat kelahiran tertinggi di Jepang.

9. Tempat lahirnya “WHITE DAY” di Jepang

Jika kalian baru mengenal Jepang, kalian mungkin tidak sadar bahwa di sini mereka merayakan hari romantis dua kali setahun: sekali pada Hari Valentine, seperti dunia lainnya, dan sekali lagi tepat satu bulan kemudian. 14 Maret adalah white day : hari dimana pria membalas hadiah Valentine yang diberikan kepada mereka oleh wanita. Tradisi tersebut dilaporkan berakar di Fukuoka, di mana, pada tahun 1977, penganan lokal milik Ishimura Manseido dijuluki sebagai “Marshmallow Day” yang dirayakan pada tanggal 14 Maret. Dia mulai memasarkan permen putih yang lengket secara khusus untuk pelanggan pria sebagai hadiah untuk wanita tersebut dalam kehidupan mereka.

Bagaimana tertarik untuk berkunjung ke Fukuoka atau Distrik Hakata?

(featured image : Gaijinpot)

Sources :

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
12
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
7
Daisuki!
Kowai Kowai
1
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~
gaemgyee

Harmony Whisperer || Lunatic Dreamer || Wishful Thinker || Part Time Traveler

Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini