SHARE THIS ARTICLE
AJ201508220010M
Doraemon Tram di Imizu, Prefektur Toyama, pada bulan Mei (Foto: Asahi Shimbun)

Doraemon Tram, kereta yang dicat dengan warna biru terang khas Doraemon, dan pintunya dirancang serupa dengan “Pintu Ke Mana Saja”, telah menerima perpanjangan tiga tahun untuk masa beroperasinya.

Kereta yang melaju antara Takaoka dan Imizu di Manyo Line, yang terletak di Prefektur Toyama ini juga dihiasi dengan “Baling-baling Bambu”, dan tak ketinggalan pula pemandangan di dalam kereta yang familiar dari anime tersebut.

Kereta yang dijadwalkan beroperasi sampai akhir Agustus ini akan beroperasi hingga tiga tahun ke depan menurut pengumuman dari kota Takaoka pada tanggal 3 Agustus yang lalu. Perpanjangan masa operasi untuk kereta yang sejauh ini telah dinaiki lebih dari 410.000 orang tersebut telah disetujui Fujiko F. Fujio Pro, perusahaan produksi yang berbasis di Tokyo yang mengurus franchise Doraemon.
Sementara itu, pada bulan Desember nanti di kota Takaoka dijadwalkan akan dibuka Fujiko F. Fujio Furusato Gallery, sehingga akses antara fasilitas yang berhubungan dengan Doraemon akan dibantu kota tersebut untuk meningkatkannya.
Pada September 2012, kereta Doraemon mulai beroperasi di bawah kontrak satu tahun dengan Fujiko Pro kemudian diperpanjang dua tahun, hingga akhir Agustus 2015. Selama waktu itu, di tahun fiskal pada 1 April 2012, sebanyak 93.264 orang telah menaiki kereta api tersebut.
Beberapa event terkait, seperti sesi pengambilan foto dengan trem tersebut serta penjualan kartu pos telah ditambahkan oleh kota itu, dan pada tahun fiskal 2013 penumpang yang menaikinya mencapai 142.479 orang, lalu pada tahun fiskal 2014 bertambah menjadi 129.340 orang. Di tahun fiskal 2015 kereta ini tetap populer, dan hingga tanggal 15 Juli sebanyak 45.526 penumpang terpantau telah menaikinya.
Kota Takaoka berencana untuk terus membuat efisiensi penggunaan kereta dengan menyediakan transportasi antara Furusato Gallery dengan adanya Doraemon Tram hingga akhir bulan Agustus. Galeri tersebut akan dibuka oleh museum kota dan fasilitas lainnya yang terkait dengan objek seni, seperti yang terletak di sekitar Takaoka Station.
Kota ini mendapatkan bantuan dari pihak-pihak seperti Fujiko Pro dan pihak lainnya untuk menyusun rencana tur ke berbagai tempat yang berhubungan dengan Doraemon, serta ide untuk memikat para pengunjung di seluruh Jepang menyusul perpanjangan umur kereta ini.
Source : ajw.asahi.com
COMMENT