SHARE THIS ARTICLE

Ace SKE48, Jurina Matsui, tampil di acara TV 激突!選挙スタジアム2016 (Clash! Election Stadium 2016) yang tayang di Jepang pada 10 Juli 2016 lalu melalui chain channel TBS. Ini adalah acara yang membahas mengenai pemilihan umum anggota parlemen tinggi Jepang yang berlangsung pada 10 Juli 2016.

Pada acara ini, Jurina Matsui yang pada Sosenkyo AKB48 2016 mendapat posisi 3, menjadi reporter khusus yang memberikan pandangannya mengenai pemilihan umum Jepang yang berlangsung.

Jurina Matsui dari SKE48 Tampil di Acara TV Mengenai Pemilu di Jepang

Jurina yang tahun ini genap berusia 19 tahun dan akan menggunakan hak memilihnya pertama kali tahun ini, berkesempatan bertemu langsung dengan beberapa calon anggota parlemen dan melihat langsung cara mereka melakukan appeal pada masyarakat. Melihat langsung, Jurina pun berpendapat bahwa cara mereka melakukan appeal sangat bersemangat dan memberi impact.

Jurina pun mendapatkan kesempatan bertanya kepada sesama pemilih baru yang berusia 18-19 tahun, di mana ia bertanya mengenai cara mereka menentukan pilihan mereka, di mana banyak yang menjawab “karena pilihan keluarga” atau “karena terkenal”, dan sebagai sesama pemilih pemula, ia memberi saran untuk mencari tahu siapa yang dipilih sebelum memutuskan pilihan.

Jurina yang di akun twitter-nya juga mengajak para pemilih untuk menggunakan hak pilihnya juga berkesempatan  mendatangi kantor supporter salah satu calon, di mana terlihat juga bahwa mulai banyak digunakannya media seperti YouTube, dan Twitter dalam promosi calon anggota parlemen untuk mencapai pemilih potensial yang masih berusia muda.

Tweet Jurina menghimbau para pemilih menggunakan hak pilihnya

Diperlihatkan juga bahwa sebagai orang yang pertama kalinya akan menggunakan hak pilih, di sela-sela kesibukannya sebagai entertainer, Jurina banyak mencari info tentang pemilihan umum ini, termasuk pamflet berbentuk komik yang menurutnya menjadikannya mudah dipahami. Ia pun sempat menceritakan salah satu kebijakan Sosenkyo AKB48, bahwa member boleh melakukan appeal pada fans namun tidak boleh meminta fans untuk memasukkan suara kepadanya secara eksplisit.

Di akhir tugasnya sebagai reporter khusus, Jurina yang ditanya mengenai pendapatnya tentang pemilu Jepang, memberikan jawaban sebagai berikut: “Karena ini pemilihan yang menentukan masa depan Jepang, walaupun saya bukan pihak yang dipilih, melainkan pihak yang memilih, saya merasa nervous.”

Bagaimana menurut kalian tentang pemilu di Jepang?

(Text by Nom de Plume, kontributor Japanese Station yang tinggal di Jepang)
[Photos from Jurina’s twitter]

COMMENT