SHARE THIS ARTICLE

Kota Pintar Berkelanjutan Fujisawa resmi dibuka pada pagelaran seremoni pembukaan di Tokyo, Jepang. Perumahan Kota ini dibangun oleh Lembaga Fujisawa SST, yakni sebuah konsorsium yang dipimpin oleh Panasonic Corporation.

 Jepang Resmi Buka Kota Pintar Fujisawa (Kota Pintar Fujisawa: Dok. Panasonic)

Jepang Resmi Buka Kota Pintar Fujisawa (Kota Pintar Fujisawa: Dok. Panasonic)

Mengutip keterangan tertulisnya Jakarta, Jumat (28/11/2014), kota dengan luas area sekitar 19 hektare itu dibangun 1.000 hunian dengan kapasitas populasi hingga 3.000 orang. Kota ini memiliki fasilitas utama yang dikhususkan untuk mendukung gerakan pembangunan berkelanjutan. Demikian dilansir dari siaran pers resminya.

Selain itu, kota ini juga dibangun untuk dapat tumbuh dalam skala penuh menjadi kota pintar dan ramah lingkungan, serta kota yang menempatkan prioritas tinggi pada gaya hidup warganya.

Fujisawa juga bekerjasama dengan mitra kerja lainnya untuk menyediakan lima layanan penting mencakup energi, keamanan, mobilitas, kesehatan dan masyarakat.

Kemudian kota ini juga mempunyai zona perumahan terpisah untuk warga yang tidak memiliki mobil. Dengan begitu akan terbagi layanan penyewaan mobil yang ramah lingkungan. Warga zona tersebut dapat menikmati gaya hidup mereka tanpa perlu memiliki mobil.

Kota ini juga mempunyai bangunan ikon utama yakni Fujisawa SST Square. Bangunan ini diperuntukkan sebagai pusat manajemen perusahaan dan pusat komunikasi bagi warga di sana.

Source : economy.okezone.com
COMMENT