SHARE THIS ARTICLE

sato-takeru-kase-ryo_1426096233_af_orgTanggal 25 Maret nanti, bersiaplah untuk malam yang paling ditunggu di Asia dari kemewahan dan glamor saat perayaan Asian Film Awards (AFA) ke-9 dari para sinematik unggulan. Menampilkan pertemuan spektakuler para selebriti dunia hiburan dan pembuat film ikonik dari wilayahnya masing-masing, AFA ke-9 akan diadakan di The Venetian, Macau untuk memperingati acara dengan kemegahan dan gengsi yang belum pernah ada sebelumnya.

AFA ke-9 ini mengakui dan merayakan pencapaian yang luar biasa melalui 14 kategori dengan sebuah kelompok dari 74 nominasi yang mewakili 42 film dari 8 negara di Asia.

Tahun ini, Jepang mendominasi penghargaan tersebut sebagai negara dengan banyaknya film yang dinominasikan, dari 11 film yang berbeda dinominasikan untuk 14 penghargaan yang berbeda. Di antara film-film ini, The Light Only Shines There (Soko nomi nite Hikari Kagayaku), penerimaan Jepang untuk Oscar, telah dinominasikan untuk tiga kategori utama, termasuk “Film Terbaik”, “Aktris Pendukung Terbaik”, dan “Penulis Skenario Terbaik”. Pada saat yang bersamaan, sutradara yang ternama secara internasional Shinya Tsukamoto telah dinominasikan sebagai “Sutradara Terbaik” untuk film Fires On The Plain (Nobi).

Takeru Satoh, aktor Jepang yang dikenal atas serial action terkenal secara internasional Rurouni Kenshin, dan Ryo  Kase dari produksi Korea Hill of Freedom (Jiyugaoka de) telah dinominasikan sebagai “Aktor Terbaik” tahun ini, bersaing dengan nama-nama besar di Asia seperti Ethan Ruan, Choi Min-sik, dan Sean Lau.
Pada saat yang sama, aktris terkenal Rie Miyazawa telah dinominasikan sebagai “Aktris Terbaik” untuk penampilannya di Pale Moon (Kami no Tsuki).

Didirikan oleh Tokyo International Film Festival, Hong Kong International Film Festival, dan Busan International Film Festival, AFA merupakan acara berkaliber tertinggi dalam industri film Asia. Para pemenang sebelumnya termasuk Takeshi Kitano dan Hirokazu Koreeda sebagai “Sutradara Terbaik”, Masahiro Motoki sebagai “Aktor Terbaik”, Makiko Watanabe sebagai “Aktris Pendukung Terbaik”, dan banyak lagi.

ASIAN FILM AWARD (AFA)
Diresmikan pada tahun 2007, Asian Film Awards merayakan keunggulan dalam sinema Asia melalui presentasi penghargaan-penghargaan tahunan kepada banyak bakat yang beragam dan film yang membentuk dinamika industri film dari daerah tersebut. Malam penghargaan ini merupakan acara pertemuan para selebriti spektakuler, profesional di bidang industri dan media yang menyoroti dan mempublikasikan prestasi di film Asia tahun ini.

Disajikan di Hong Kong dalam tujuh tahun pertama, Penghargaan tahun lalu diadakan di salah satu pusat hiburan Asia yang paling cepat berkembang, Macau. Dengan langkah bersejarah ini, ajang penghargaan ini mengambil satu langkah lebih dekat untuk rencana jangka panjang dari mulai diselenggarakan di kota-kota Asia yang berbeda untuk mencerminkan jangkauan yang luas di seluruh wilayah. Setelah sukses tahun lalu, Asian Film Award akan kembali digelar di Macau untuk edisi kesembilan.
=====

Untuk informasi terbaru, silahkan kunjungi www.asianfilmawards.asia.

Source : tokyohive.com
COMMENT