Share on

Di zaman sekarang, hostel tidak lagi menjadi akomodasi kelas bawah. Banyak manajemen hostel kini berlomba-lomba membuat desain interior yang unik dan nyaman untuk menarik pengunjung, terutama di ibu kota seperti Tokyo. Tentunya hostel bisa kamu jadikan pilihan selain budget hotel jika kamu hanya punya dana terbatas untuk berwisata. Berikut adalah daftar hostel yang nyaman dengan interior terbaik di Tokyo.

1. Train Hostel Hokutosei

Hostel ini pertama kali beroperasi pada tahun 1988 sebagai kereta malam dari stasiun Ueno ke stasiun Sapporo. Sempat berhenti pada tahun 2015, satu tahun kemudian gerbong-gerbong kereta ini didaur ulang menjadi hostel dan restoran.

Yuk Menginap di Hostel Terbaik Tokyo!
Train Hostel Hokutosei, hostel unik dari gerbong kereta (japantimes.com)

dengan desainnya yang asli, unik, dan klasik, hostel yang awalnya hanya diminati para pecinta kereta ini kini ramai dikunjungi wisatawan yang menginginkan pengalaman menginap yang berbeda.

2. Citan

Terletak di kawasan perkantoran Chuo Ward yang sepi, Citan adalah perpaduan budaya dan nuansa keren khas Tokyo. Dipelopori oleh ‘backpacker’ Jepang, Citan dibangun pada tahun 2010 sebagai tempat berkumpulnya semua kalangan.

Yuk Menginap di Hostel Terbaik Tokyo!
Berth Coffee, cafe di area Citan (japantimes.com)

Café yang terdapat di hostel ini, Berth Coffee, menyajikan kopi terbaik dan hidangan yang menarik, seperti paket makan siang yang sangat instagramable. Sungguh hal yang sangat dibutuhkan untuk memanjakan diri dari padatnya ibu kota.

3. Khaosan World Ryogoku Hostel

Bagian dari Khaosan Hostel Group, yang menawarkan sembilan hostel (enam di Tokyo, satu di Kyoto, dua di Osaka). Pemenang penghargaan Jaringan Hotel Kecil Terbaik di Hostelworld pada tahun 2016. Ryogoku menawarkan suasana tradisional-modern di perkotaan Tokyo yang padat.

Yuk Menginap di Hostel Terbaik Tokyo!
Khaosan World Ryogoku Hostel, hostel bergaya tradisional-modern di Tokyo (japantimes.com)

Dari noren (tirai toko tradisional) yang menghiasi pintu masuk lantai dasar hingga lantai atas, ashiyu (pemandian kaki), dan area umum yang dilengkapi tatami dengan horigotatsu (meja dengan ceruk untuk kaki), hostel ini terasa seperti tempat kursus belajar minum teh atau kaligrafi.

4. Toco

Yuk Menginap di Hostel Terbaik Tokyo!
Toco, hostel tradisional di tengah kemajuan ibu kota Tokyo (japantimes.com)

Bangunan-bangunan tua saat ini cenderung sulit dipertahankan di Tokyo, tetapi di wilayah Yanaka berbagai upaya dilakukan untuk melestarikan struktur bersejarah. Taito Cultural and Historical Preservation Society, misalnya, memiliki daftar properti yang dapat digunakan kembali. Toco adalah bagian dari pelestarian bangunan tua ini. Lantai kayu pintu geser yang khas, seperti bangunan asrama yang diterangi dengan lampu berwarna hangat.

5. Millennials Shibuya

Yuk Menginap di Hostel Terbaik Tokyo!
Millennials Shibuya, hostel unik dan nyaman terbaik di Tokyo (japantimes.com)

Meskipun bisa disebut sebagai hotel kapsul, Millennials Shibuya memiliki konsep yang berbeda dengan para pesaingnya. Kamar-kamarnya dibuat lebih luas dengan dekorasi dan interior yang unik, benar-benar sangat nyaman untuk ukuran sebuah hostel.