Share on

Jika berbicara tentang tempat wisata di Jepang, biasanya nama-nama tempat wisata terkenal di kota-kota besa seperti Tokyo lah yang kita bicarakan. Namun, sebenarnya tempat wisata di Jepang jauh lebih banyak dan tak kalah menarik dari tempat wisata di Tokyo. Contohnya, tempat wisata di Uwajima, Jepang.

Advertise With Us

Dilansir dari Japan Guide, Uwajima (宇和島) merupakan kota pesisir yang terletak di bagian selatan Prefektur Ehime, area Shikoku. Kota kecil ini  dikenal sebagai kota yang memiliki satu-satunya kastil “asli” dari Zaman Edo (1603-1867). Uwajima juga dikenal dengan The Date Museum yang menyimpan sejarah Uwajima dan Klan Date yang memimpin kota ini 2,5 abad lamanya.

Mau tau lebih banyak tentang Uwajima? Ayo simak penjelasannya!

Adu Banteng Uwajima (宇和島闘牛, Uwajima Tōgyū)

Tempat Wisata Menarik di Uwajima, Jepang yang Wajib Kamu Kunjungi!
Adu banteng di Uwajima (japan-guide.com)

Uwajima merupakan salah satu dari 9 lokasi untuk menonton pertandingan adu banteng di Jepang. Pertandingan yang telah digelar dari tahun 1800-an ini biasanya diadakan selama 5 hari di bulan Januari, April, Juli, Agustus dan Oktober.

Layaknya pesumo, para banteng petarung ini memiliki rank yang menggambarkan prestasi mereka sebelumnya. Bedanya, di pertandingan adu banteng ini, ada sistem kelas, middle weight dan heavy weight seperti dalam tinju*

Turnamen yang digelar di Uwajima Bull Fighting Arena ini biasanya berlangsung selama 3 jam perharinya. Di sini juga dijual bento box dan minuman, jadi penonton tidak perlu takut kelaparan deh!

Kastil Uwajima (宇和島城, Uwajimajō)

Tempat Wisata Menarik di Uwajima, Jepang yang Wajib Kamu Kunjungi!
Kastil Uwajima (japantravel.com)

Setelah menonton adu banteng, mari menuju Kastil Uwajima, satu dari 12 kastil Jepang dari Zaman Edo (1603-1867) yang masih benar-benar asli. Kastil mungil yang didirikan pada abad ke 17 inu sempat direnovasi pada tahun 1615 oleh Klan Date yang menguasai kota ini.

Para pengunjung dapat menjelajahi seluruh tempat ini dengan bebas. Mulai dari melihat tembok yang dipenuhi batu hingga mengikuti jalur pijakan batu yang mengarah ke hutan, misalnya. Di sini ada tempat yang disebut Yamazato Soko, sebuah gudang yang kini dimanfaatkan menjadi sebuah museum mini yang menyimpan berbagai peninggalan zaman dulu.

Kamu juga bisa menikmati keindahan pemandangan Kota Uwajima dari puncak kastil lho. Keren!

The Date Museum (伊達博物館, Date Hakubutsukan)

Tempat Wisata Menarik di Uwajima, Jepang yang Wajib Kamu Kunjungi!
The Date Museum (japan-guide.com)

Dari Kastil Uwajima, mari kita lanjutkan ke The Date Museum, sebuah museum yang dibangun untuk mengenang Klan Date yang memimpin Uwajima hingga lebih dari 250 tahun lamanya.

Museum ini menyimpan berbagai artefak dan barang-barang peninggalan Klan Date, seperti senjata, scroll paintings, lambang keluarga, tulisan, dan alat sehari-hari. Di sini juga ada berbagai byobu (folding screens) yang memahang banyak lukisan. Peta zaman dulu juga tersedia di tempat ini, jadi para pengunjung bisa melihat keadaan kota dari tahun ke tahun.

Kuil Taga (多賀神社)

Tempat Wisata Menarik di Uwajima, Jepang yang Wajib Kamu Kunjungi!
Kuil Taga (japan-guide.com)

Jika bosan dengan tempat wisata yang biasa-biasa saja, coba datang ke Kuil Taga (多賀神社, Taga Jinja) di utara kota Uwajima. Kuil ini biasa dijadikan tempat untuk meminta umur panjang, kesehatan, dan kesuburan. Tempat ini sangat populer di kalangan turis asing karena banyaknya benda-benda yang berhubungan dengan kesuburan, seperti phallus kayu berukuran dua meter di bangunan utama kuil. Dulu, benda-benda seperti ini lebih umum di Jepang sebelum masuknya pemgaruh barat di Zaman Meiji (1868-1912).

Tak hanya itu, di sebelah kuil ada museum yang memajang berbagai material pornografi, baik lokal maupun internasional. Benda-benda yang dipajang meliputi ilustrasi "dewasa", ukiyoe dan benda-benda lain dari berbagai era. Nah, karena isinya yang "dewasa", kamu yang masih berumur di bawah 20 tahun dilarang masuk museum ini ya!

Bagaimana? Tertarik berwisata ke Uwajima jika ke Jepang nanti?