Share on

Jepang dikenal memiliki banyak sekali vending machine yang menjual berbagai macam barang sehari-hari, dan yang paling umum adalah minuman. Mulai dari air mineral, atau minuman dengan rasa aneh dapat ditemukan dengan mudah di mesin-mesin penjual otomatis yang tersebar di seluruh pelosok negeri, bahkan di desa-desa terpencil sekali pun. Tapi, bukan Jepang namanya kalau tidak bisa menampilkannya dengan cara berbeda dan menarik, termasuk kotak vending machine yang biasanya antara satu dengan lainnya memiliki bentuk serupa.

Advertise With Us

Jika sebelumnya ditemukan mesin penjual otomatis meleleh, maka perusahaan minuman bersoda ternama, Coca-Cola meluncurkan vending machine berukuran raksasa. Minuman bersoda yang ditaruh di mesin penjual otomatis baru di Tokyo ini masih sama, tetapi saat ini mereka memberikan tingkat kesulitan ekstra bagi orang-orang yang ingin memuaskan dahaga dengan minuman tersebut.

Vending machine ini memiliki tinggi lebih dari 350 cm atau sekitar 11,5 kaki tinggi, tombol-tombolnya tampak tidak dapat disentuh, dan memang dipamerkan untuk menunjukkan ketinggian melompat dari pemain bola voli laki-laki dan perempuan di Olimpiade. Baris tombol yang lebih rendah, dengan tinggi 309 cm (10,1 kaki), menunjukan jumlah tinggi yang dapat dicapai pemain bola voli wanita saat melompat, dan baris atas di 348 sentimeter, menunjukkan ketinggian yang dapat dicapai oleh pemain pria.

Mesin bernama Vollet Vending Machine, menjelaskan bahwa ini adalah mesin penjual otomatis yang khusus bagi orang-orang yang benar-benar mampu menekan salah satu tombolnya untuk mengeluarkan minuman dingin. Dengan sepuluh tombol di setiap baris, mereka yang mampu melompat cukup tinggi untuk menekan salah satu dari lima tombol di sebelah kiri akan menerima sebotol Coca-Cola gratis, sementara yang berhasil menekan salah satu dari lima di sebelah kanan akan menerima sebotol Aquarius gratis.

Meski memang cukup sulit, namun ada staf yang siap membantu memandu pelanggan yang berharap bisa mendapatkan minuman tersebut, dengan menuruti instruksi dan hanya diizinkan satu kali per orang. Sementara itu, anak-anak dapat menggunakan dayung khusus dengan pegangan panjang dan ujung tertutup busa jika ingin mendapatkannya, namun orang dewasa tetap harus melompat dari garis yang ditandai di tanah di sebelah kiri mesinnya.

Meskipun banyak cara dilakukan oleh orang-orang dewasa maupun anak-anak, namun hampir semua orang dewasa pergi dengan tangan hampa setelah tidak dapat mencapai tombol apa pun. Namun lain halnya dengan anak-anak, mereka justru pulang ke rumah dengan rasa bangga, setelah berhasil memukul salah satu tombol dan mendapat minuman gratis.

Vollet Vending Machine hanya terdapat di pusat kota Tokyo untuk waktu yang terbatas, sebagai bagian dari acara Futsuu Ja Nai 2020 Exhibition, yang saat ini sedang diadakan di luar kompleks Tokyo Midtown di Hibiya. Jika kalian ingin menguji kekuatan, pastikan datang ke Tokyo Midtown Hibiya untuk melihat pameran, yang masih akan berlangsung hingga tanggal 26 Agustus mendatang.