Share on

Apakah kamu tahu katsudon? Ya, makanan berupa semangkuk nasi dengan potongan daging babi, sapi, atau ayam ini merupakan salah satu makanan JepanFestoran g yang populer di seluruh penjuru dunia. Tapi, pernahkah kamu membayangkan memakan katsudon yang dicampur dengan cornflakes?

Advertise With Us

Baru-baru ini, sebuah restoran spesialis katsu di Jepang, Katsuya, mengeluarkan menu Katsudon yang tak biasa, Cornflakes Katsudon. Tidak aneh memang, karena restoran yang terletak di Kanda Suruga-dai, Chiyoda-ku, Tokyo, area Kanto ini memang sering mengeluarkan menu katsudon yang tak biasa. Sebelumnya, mereka sempat mengeluarkan menu bernama Demitama Menchikatsu, perpaduan menchikatsu (patty daging yang digoreng dengan tepung roti) dan telur setengah matang.

Restoran di Tokyo ini Luncurkan Menu Unik Baru: Cornflakes Katsudon!
Toko Katsuya (rocketnews24.com)

Nah, cornflakes katsudon ini merupakan menu limited edition yang akan tersedia mulai tanggal 6 Maret 2020. Jika dilihat dari gambar di bawah ini, menu ini terlihat seperti spice chicken katsudon biasa, hanya saja dengan tambahan cornflakes di katsu-nya.

Restoran di Tokyo ini Luncurkan Menu Unik Baru: Cornflakes Katsudon!
Cornflake Katsudon (rocketnews24.com)

Nah, menu unik ini bisa kamu cicipi mulai dari harga 490 yen saja. Menu ini juga tersedia dalam bentuk paket, tentunya dengan harga berbeda, lebih jelasnya, bisa dilihat di bawah.

Kamu bisa mencoba cornflakes katsu biasa (tanpa nasi) dengan harga 490 yen,

Restoran di Tokyo ini Luncurkan Menu Unik Baru: Cornflakes Katsudon!
Cornflakes Katsu di Katsuya (rocketnews24.com)
Spice Chicken Cornflakes Katsudon dengan harga 590 yen,
Restoran di Tokyo ini Luncurkan Menu Unik Baru: Cornflakes Katsudon!
Spice Chicken Cornflakes Katsudon (rocketnews24.com)
atau Spice Chicken Cornflakes Katsu set (lengkap dengan miso) dengan harba 690 yen.
Restoran di Tokyo ini Luncurkan Menu Unik Baru: Cornflakes Katsudon!
Spice Chicken Cornflakes Katsu set dengan miso (rocketnews24.com)

Nah, jika kamu penasaran ingin membuat sendiri Cornflakes Chicken Katsu di rumahmu, JS punya resepnya lho! Simak resep Cornflake Chicken Katsu with Tonkatsu Dipping Sauce dari Slice of Rice berikut.

BAHAN-BAHAN: Untuk chicken katsu: ½ kg daging ayam fillet . 2/3  cangkir tepung terigu serbaguna 1 sendok teh garam ½ sendok teh black pepper 1 butir telur, kocok 3/4 cangkir panko bread crumbs 2/3 cangkir, cornflakes bubuk Untuk saus: 1/4 cangkir Kecap Inggris 3 sendok makan saus tomat 1 sendok makan madu 1 ½ sendok makan kecap 1/4  sendok teh bwang putih bubuk Cara membuat: Panaskan oven hingga 475oF Setelah itu, buatlah beberapa breading station dengan menggunakan beberapa wadah seperti mangkuk atau paci. Wadah pertama harus berisi tepung terigu, garam, dan black pepper. Wadah kedua diisi dengan kocokan telur yang telah dicampur dengan 1 sendok the air dingin. Wadah terakhir harus diisi dengan panko breadcrumbs dan cornflakes. Nah, masukanlah potongan ayam ke dalam campuran terigu, telur, lalu campuran panko breadcrumb. Ulangi hingga semua potongan ayam berlumur panko breadcrumb. Lalu, taruh semua potongan ayam yang telah siap panggang di atas loayang. Ingat, jangan terlalu dekat ya menaruhnya. Setelah itu, panggang ayam hingga panko-nya renyah dan berwarna kuning kecokelatan (kira-kira 15 menit). Sambil menunggu, campurkan semua bahan saus di tempat terpisah dengan whisk. Tunggu ayam selesai dipanggang, jadi deh! Sajikan dengan nasi hangat agar lebih nikmat.

Bagaimana? Mudah kan membuatnya? Kalau malas membuat, bisa coba datang ke Katsuya!