Share on

Sewerage Museum adalah sebuah museum yang ada di Tokyo yang menampilkan dan memamerkan apa saja yang terjadi di got atau sistem pengairan bawah tanah. Pengunjung juga dapat langsung masuk ke sewer atau terowongan air bawah tanah. Berbeda dengan Unko Museum yang fokus terhadap kotorannya itu sendiri, museum ini lebih fokus terhadap saluran pembuangan air bawah tanah.

Advertise With Us

Museum yang berlokasi tidak jauh dari Tamagawa Josui Canal yang historik, memfokuskan hal yang berbeda daripada kanal air yang sangat penting untuk Jepang itu. Museum ini memfokuskan pada sistem pembuangan dan limbah air. Dibuka pada tahun 1995, di museum ini pengunjung dapat melihat dan belajar tentang pembuangan air dan limbah yang terjadi di bawah tanah, yang seringkali tidak kita ketahui.

Pintu besar yang kalian lihat di gedung tersebut, bukanlah pintu masuk museumnya, itu adalah toilet umum, memberikan gambaran bangunan seperti apa yang akan kalian masuki. Museum ini tidak memungut biaya tiket masuk, setelah tiba di pintu masuk, pengunjung akan diberikan brosur, pamflet dan penjelasan mengenai sistem pembuangan dan limbah yang dikemas dengan pamflet bergaya komik.

boker got

Museum ini terdiri dari lima lantai kebawah tanah. Di lantai satu hanya ada ruangan seminar. Eksibit dimulai dari lantai dua, dimana pengunjung dapat menemukan patung ikonik yang sudah menjadi ciri khas museum ini, patung orang yang sedang duduk di toilet sambil membaca koran. Di lantai ini juga pengunjung akan menemukan timeline dari perkembangan pembuangan air dan limbah di Tokyo, mulai sejak zaman Edo, hingga sekarang.

museum got

Lantai ketiga lebih memfokuskan ke sistem pembuangan di Kodaira. Ukiyo-e besar yang menampilkan Gunung Fuji serta bunga sakura bisa kalian lihat disini. Selain itu, lantai ini juga menampilkan banyak foto-foto dan infografis tentang lorong bawah tanah yang mengalami banjir, rusak, gempa dan topan besar.

Lantai keempat adalah Ruang Pertunjukan Khusus. Disini, berbagai macam pertunjukan ditampilkan, biasanya mengenai sejarah dan proses pembuangan limbah di sepanjang sistem got dan pengairan di Tokyo.

fureai museum got

Lantai kelima berada 22 meter dibawah permukaan tanah. Dinamakan dengan Fureai Experience Room, pengunjung dapat langsung menuju ke Experience Corner dimana kalian akan langsung mengunjungi lorong pengairan bawah tanah yang masih berfungsi. Sebuah lorong besar dimana air berwarna coklat mengalir, terkadang membawa benda-benda berbentuk dan berwarna aneh yang tak bisa diidentifikasi.

Air yang mengalir disini merupakan air pembuangan dari dapur, toilet, dan wastafel yang ada di sekitar kota Kodaira ini. Aroma terowongan ini tentu saja kurang mengenakan, tetapi tidak akan separah yang kalian pikirkan karena terowongan ini memiliki sirkulasi udara yang baik.

Semua informasi didalam pameran ini termasuk brosur dan pamflet hanya disediakan dalam bahasa Jepang, namun banyak juga materi-materi visual yang membuat berkunjung kesini tetap bisa dinikmati meskipun tidak bisa berbahasa Jepang.

Sewerage Museum Alamat : 1-25-31 Josui Honcho, Kodaira City, Tokyo (google map) Website

 

sumber dan gambar : japanvisitor