Share on

Masakan Jepang seringkali menawarkan rasa dan tekstur yang tidak terduga. Hal itulah yang membuat sebagian besar makanan Jepang layak dicicipi setidaknya masing-masing sekali. Demikian pula dengan berbagai manisan di Jepang. Salah satunya adalah permen yang terbuat dari sayur.

Manisan permen umumnya mengandung gula sebagai bagian besar dari komposisinya. Di Jepang, khususnya Umebachiya, kalian bisa menemukan permen yang menggunakan sayuran sebagai salah satu bahan utamanya lho. Padahal sayuran biasanya digunakan untuk panganan sehari-hari dan melengkapi kebetuhan nutrisi.

Umebachiya adalah toko manisan di Sumida, Tokyo yang menjual permen sayur tradisional khas zaman Edo (1603-1867). Di Tokyo memang ada beberapa toko permen, tetapi Umebachiya adalah satu-satunya yang menyediakan permen khas zaman Edo ini. Permen sayur di sana tidak dibuat massal dengan mesin, melainkan dengan proses handmade.

Menggunakan sayuran yang sesuai dengan musim, masing-masing dipotong dan ditempatkan ke dalam keranjang khusus sehingga potongan tidak berantakan saat direbus dalam air gula selama beberapa jam.

Setelah direbus, sayuran akan dibiarkan beberapa hari sehingga menjadi lebih manis. Menurut pengrajin permen Umebachiya, Soichi Maruyama, fungsi lain dari proses ini adalah agar permen tidak lengket dan bertekstur lembut.

Rebusan sayuran yang dibiarkan beberapa hari kemudian ditaburi dengan gula. Permen dari Umebachiya biasanya awet sampai dua minggu setelah pembelian.

permen sayur

Paket produk yang bisa dijadikan oleh-oleh adalah 'Nanakusa' yang terdiri atas permen dengan tujuh jenis sayur yang berbeda-beda. Paket ini diberi harga 810 yen dan sudah termasuk pajak.

permen sayur

Paket lainnya adalah 'Sumidagawa small' yang dibanderol seharga 1.296 yen yang terdiri dari sembilan jenis permen sayur.

permen sayur

Perpaduan rasa sayuran dan gula manis akan seperti meleleh di mulut, dengan rasa segar yang mengejutkan. Setiap sayuran masih memiliki tekstur uniknya sendiri, yang membuat permen dari Umebachiya ini menyenangkan untuk dicoba satu persatu, dan hal inilah yang membuatnya pantas untuk dijadikan oleh-oleh.

Umebachiya Alamat: 2 Chome-37-8 Yahiro, Sumida City, Tokyo 131-0041 Hari buka: Selasa-Sabtu Jam buka: 09.00-18.00 Website   Source & Images: qlip-trip