Share on

Kuil Udo Jingu, kuil yang dibangun dalam gua dekat tepi pantai dengan pemandangan yang luar biasa ini berada di prefektur Miyazaki selatan kota Nichinan. Kuil ini merupakan tempat kelahiran dari ayah Kaisar Jimmu, Ugayafukiaezu. Menurut legenda setempat, kuil ini adalah tempat dimana dewi laut Toyotamahime, ibu dari Ugayafukiaezu membangun gubuk kelahiran dari bulu burung Kormoran. Selain itu ada dewa-dewa lain yang dihormati juga, seperti Yamasachihiko/Hohodemi/Hoori (Kakek Kaisar Jimmu), Amaterasu, Amenooshishimimi, Ninigi-no-Mikoto, dan Kaisar Jimmu sendiri.

Kuil Udo Jingu : Kuil Dalam Gua Prefektur Miyazaki
Kuil Udo Jingu

Di kuil tersebut ada sebuah kuil yang berbentuk seperti payudara. Batu itu bernama "Ochichi-iwa". Dikatakan air yang menetes dari batu tersebut bisa mempelancar kehamilan, persalinan, ASI, dan wanita yang berharap memiliki anak. Selain itu ada "Ochichi-ame" (300 yen), permen yang dibuat dari air yang menetes dari batu tersebut.

Kuil Udo Jingu : Kuil Dalam Gua Prefektur Miyazaki
Kame-Ishi

Disana juga ada batu yang berbentuk seperti kura-kura (Kame Ishi). Diatasnya terdapat lubang yang berisi air dan dikelilingi oleh tali. Menurut tradisi disana, kalau kalian berhasil melempar Undama (batu keberuntungan) ke dalam lubang tersebut, permohonan kalian akan terkabul. Bagi laki-laki, kalian harus menggunakan tangan kiri, sedang perempuan tangan kanan. Harga Undama sendiri seharga 100 yen untuk 5 butir.

Kuil Udo Jingu : Kuil Dalam Gua Prefektur Miyazaki
Undama

Bagaimana kalau tidak berhasil ? tenang saja, karena ada satu batu besar bertuliskan kanji "" yang dibaca "Un" dan juga berarti "Keberuntungan" bisa mengabulkan doa kalian (kata peduduk setempat).

Kuil Udo Jingu : Kuil Dalam Gua Prefektur Miyazaki
Batu Un
Nah, itulah beberapa kegiatan yang bisa kalian lakukan kalau mengunjungi kuil Udo Jingu. Kalau tertarik kalian bisa menggunakan bus umum dari Miyazaki hanya memakan waktu 60 menit samapai 70 menit saja.