Share on

Iwatayama Monkey Park merupakan tempat wisata yang dimana kalian bisa menikmati pemandangan pepohonan bersama para monyet. Kesannya seperti biasa saja. Tapi apa yang membuat Iwatayama Monkey Park berbeda ? simak pembahasan dibawah ini.

Iwatayama Monkey Park terletak di Arashiyama tempat wisata yang paling ramai di Kyoto. Sangat mudah dijangkau dengan kereta. Disana terdapat kurang lebih 120 monyet salju atau biasa di panggil dengan "Japanese Macaque". Kalau kalian perhatikan monyet tersebut pasti kalian sudah tidak asing kan. Monyet-monyet ini biasa menghiasi onsen-onsen di Jepang seperti di Jigokudani.

Iwatayama Monkey Park, Berwisata Bersama Monyet
Japanese macaque

Untuk sampai ke Iwatayama kalian harus menaiki tangga yang sudah tersediakan disana. Akan lebih nyaman bila kalian menggunakan sepatu hiking. Untuk yang pertama kali kesana, di sana tersedia peta untuk menuju ke Monkey Park. Selama perjalanan, kalian juga bisa memberi mereka makan. Tapi perlu ingat, monyet-monyet ini akan menjadi sedikit liar saat mereka mendapatkan makanan. Jadi ada beberapa aturan yang harus dipatuhi supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu, kalau kalian ingin mengambil foto juga, perlu juga diperhatikan peranturannya juga. Seperti pada gambar di bawah ini.

Iwatayama Monkey Park, Berwisata Bersama Monyet
Peraturan Menfoto Monyet
  • Jangan menatap matanya atau menyentuhnya.
  • Jangan mengambil foto close-up (jarak dekat), dihimbau untuk menjaga jarak sekitar 2 meter.
  • Jangan jongkok saat mengambil foto.
         
Iwatayama Monkey Park, Berwisata Bersama Monyet
Papan Bertuliskan "Otsukaresamadesu"

Saat kalian mencapai puncaknya, kalian akan menemukan papan yang bertuliskan "Otsukaresamadesu" yang bermaksud "Selamat, kamu sudah sampai diatas" atau semacamnya. Disana kalian bisa beristirahat sejenak sambil melihat kota Kyoto. Udara yang sejuk membuat kegiatan istirahat kalian lebih relax setelah mendaki hingga ke puncak.

   

Di puncak, para monyet biasanya sedang berkeliaran kesana-kemari dan ditengah-tengah kalian bisa membeli cemilan seperti kacang, pisang dan sebagainya. Sambil menikmati suasana yang sejuk, kalian bisa menikmati cemilan-cemilan enak sambil ditemani monyet-monyet disana. Gimana ? merupakan pengalaman yang unik kan ?