Berita Jepang | Japanesestation.com

Kalian pasti sudah tidak asing dengan patung anjing Hachiko yang terkenal di Shibuya karena memiliki kisah yang menyedihkan untuk diceritakan. Bahkan saking populernya, kisah anjing satu ini sampai dijadikan sebuah film dengan dua versi, yaitu versi Jepang dan versi Amerika.

Meski patung Hachiko terbilang layak untuk dijadikan objek berfoto saat berkunjung ke Tokyo, namun tahukah kalian bahwa terdapat patung-patung unik lainnya yang tersebar di area Tokyo dan tentunya tidak kalah menarik dari patung Hachiko? Dan berikut lima patung unik yang terdapat di Tokyo:

Manneken Pis di Stasiun Hamamatsucho

Manneken Pis
Manneken Pis di Stasiun Hamamatsucho (tokyocheapo.com)

Tidak salah lagi, dari deretan patung unik yang terdaftar, patung Manneken Pis di stasiun Hamamatsucho inilah yang paling unik. Patung yang menampilkan seorang bocah yang sedang kencing dan diletakkan di peron stasiun Hamamatsucho ini merupakan replika dari patung terkenal di Brussel dengan nama yang sama.

Huawei MatePad Pro

Uniknya, para personel di stasiun Hamamtsucho sangat senang membuat lingkungan sekitar menjadi lebih bergaya, untuk itu pada setiap bulan mereka akan mengganti kostum yang dikenakan patung bocah tersebut, dan salah satunya dengan memakaikan kostum dari serial anime populer “Kimetsu no Yaiba”.

Replika patung Liberty di Odaiba

Replika patung Liberty
Replika patung Liberty di Odaiba (tokyocheapo.com)

Seperti namanya, patung ini merupakan replika dari patung Liberty yang ada di Amerika Serikat. Patung ini awalnya dibuat untuk merayakan hubungan Jepang dan Perancis, namun keberadaannya hanya satu tahun saja di Jepang. Patung tersebut kemudian kembali didapatkan oleh Jepang dan hingga saat ini keberadaannya sangat populer di kalangan wisatawan.

Mungkin keberadaan patung ini terbilang aneh, mengingat Jepang sangat membanggakan budayanya. Namun, hal ini menjadi suatu hal yang wajar di Odaiba. Mengingat Odaiba adalah sebuah pulau buatan yang sengaja dibangun untuk menjadi destinasi wisata. Oleh karena itu, masyarakatnya sangat memaklumi adanya budaya asing yang masuk ke wilayahnya.

Robot Gundam

Robot Gundam
Robot Gundam (tokyocheapo.com)

Patung unik lainnya yang berada di Odaiba adalah patung Gundam yang memiliki tinggi 19 meter dan berdiri dengan kokoh di pintu masuk Diver City. Baru-baru ini, patung ini mengalami sedikit perubahan untuk menyambut Olimpiade 2020. Hasilnya, kini patung tersebut menawarkan desain RX-0 Unicorn Gundam yang tentunya lebih apik daripada versi sebelumnya.

Sebagai informasi, Gundam sendiri merupakan salah satu franchise media yang mengeluarkan banyak serial TV, film, manga, video game, hingga action figure.

Unghia e Marmo (Nail and Marble) oleh Giuseppe Penone

Unghia e Marmo
Unghia e Marmo (Nail and Marble) oleh Giuseppe Penone (tokyocheapo.com)
Patung di sekeliling Unghia e Marmo
Patung di sekeliling Unghia e Marmo yang terletak di area Shinjuku i-Land shopping/business centre (tokyocheapo.com)

Terletak di kawasan pusat bisnis Shinjuku, patung karya seniman kontemporer Italia Giuseppe Penone ini terbuat dari marmer dan kaca yang terlihat seperti kaki robot Gundam yang terputus. Di sekeliling patung yang menjadi salah satu landmark kota ini, juga terdapat patung lain yang terletak di area Shinjuku i-Land shopping/business centre.

Patung Hachiko versi Kartun di Mega Donki, Shibuya

Patung Hachiko versi Kartun
Patung Hachiko versi Kartun di Mega Donki, Shibuya (tokyocheapo.com)

Terakhir ada patung anjing Hachiko yang terletak di pintu belakang kompleks perbelanjaan Mega Donki, Shibuya. Tidak berbeda jauh dengan patung aslinya, yaitu menampilkan wujud anjing Hachiko, namun kali ini desain patung dibuat dengan lebih manis.

Beruntung posisi patung ini tidak berada jauh dari jalan, yaitu hanya memakan waktu 10 menit, yang membuatnya sangat mudah ditemui dan tentunya cocok untuk dijadikan objek berfoto.