Share on

Ingin jalan-jalan di Jepang tapi bosan dengan kota besar seperti Tokyo? Bagaimana jika mencoba berkunjung ke Iwakuni di Jepang? Kota kastil yang terletak di Prefektur Yamaguchi ini memang tidak sebeken Tokyo, tapi tempat wisata dan pemandangan alamnya tidak kalah keren lho! Ingin tahu lebih banyak tentang Iwakuni?

Iwakuni adalah salah satu kota di Prefektur Yamaguchi. Kota yang terletak di area Chugoku ini merupakan rumah dari sekitar 100.000 orang dan terkenal dengan  berbagai tempat wisata keren seperti Jembatan Kintai dan Kastil Iwakuni. Ketika musim panas, biasanya ada banyak orang yang memancing di kota ini.

Nah, ingin tahu ada tempat  dan kegiatan menarik apa saja di Iwakuni?

Jembatan Kintai

Berwisata ke Iwakuni, Kota Kastil Cantik di Jepang
Jembatan Kintai di Iwakuni (japanvisitor.com)

Salah satu spot favorit para turis di Iwakuni adalah Jembatan Kintai (Brocade Sash), jembatan cantik dengan lengkumgan kayu yang melintasi Sungai Nishiki. Lengkungan kayu yang dibangun di antara fondasi batu ini dibuat hanya dari klem dan kabel saja, tanpa baut dan paku sama sekali lho.

Nah, jika kamu datang ke Iwakuni pada tanggal 29 April, jangan lupa mengunjungi jembatan ini ya! Pada tanggal 29 April, ada Festival Jembatan Kintai. Di festival ini, biasanya orang-orang yang datang akan memakai kostum samurai dan berparade menyusuri jalan di kota kastil ini sambil menembak target seperti zaman dulu. Keren!

Kastil Iwakuni

Berwisata ke Iwakuni, Kota Kastil Cantik di Jepang
Area Kastil Iwakuni (japan-guide.com)

Ingin merasakan sensasi kembali ke zaman Edo? Datang saja ke Kastil Iwakuni (岩国城, Iwakunijō). Kastil yang dibangun pada tahun 1608 ini menyajikan pemandangan cantik dari atas menara kastilnya. Kamu bisa memasuki kastil ini dengan bebas dan melihat pemandangan Gunung Shiroyama, bikin kamu serasa jadi daimyo!

Kastil Iwakuni yang sekarang sebenarnya bukan kastil yang asli lho. Kastil Iwakuni yang asli  hanya bertahan sedikit lebih lama dari waktu dibangunnya. Kastil Iwakuni membutuhkan waktu 5 tahun hingga selesai dibangun, sayangnya kastil cantik ini terpaksa harud diruntuhkan 7 tahun setelah berdiri akibat adanya perintah dari shogun.

Berwisata ke Iwakuni, Kota Kastil Cantik di Jepang
Kastil Iwakuni dilihat dari dekat (japan.travel)

Nah, bangunan kastil yang sekarang merupakan hasil rekonstruksi yang berdiri sejak tahun 1962. Meskipun begitu, kastil ini tetap menyimpan berbagai koleksi yang berhubungan dengan sejarah kastil, seperti pedang milik samurai, armor, dan masih banyak lagi. JIka ingin tahu lebih banyak, kunjungi saja sendiri ya kastilnya!

Kikko Park

Berwisata ke Iwakuni, Kota Kastil Cantik di Jepang
Kikko Park, Iwakuni ketika musim semi (japan.travel)

Satu lagi spot favorit di Iwakuni, Kikko Park! Taman cantik yang dulunya tempat favorit daimyo ketiga Iwakuni, Kikkawa Hiroyoshi ini merupakan spot favorit turis untuk hanami di musim semi.

Selain punya pemandangan yang indah, kamu juga bisa mempelajari sejarah tempat ini dengan berkunjung ke 3 museum  dan 2 kediaman samurai di dekatnya.

Melihat ular putih Iwakuni yang misterius

Berwisata ke Iwakuni, Kota Kastil Cantik di Jepang
Ular putih Iwakuni (japanvisitor.com)
Festival memancing burung kormoran

Ingin melihat ular putih seperti yang ada di legenda-legenda Jepang? Iwakuni jawabannya! Ya, Iwakuni merupakan rumah dari ular putih yang biasa disebut shirohebi. Seperti dalam legenda, shirohebi juga dianggap sebagai titisan dewa. Bahkan, banyak orang yang memepercayai jika ada ular putih yang tinggal di rumahmu, maka kehidupanmu akan sejahtera. Jika ingin tahu lebih banyak tentang ular ini, kamu bisa mengunjungi White Snake Museum di dekat Jembatan Kintai.

Festival memancing burun

Nah, jika kamu mengunjungi Iwakuni pada musim pana, ada festival unik bernama festival memancing burung koromoran. Dalam festival ini, para nelayan dengan kostum tradisional dan perahu kayu akan menyeberangi sungai pada malam hari dengan sebuah obor yang dipasang di depan kapalnya untuk menarik perhatian ikan. Setelah itu, seekor burung kormoran dengan tali di lehernya akan menangkap ikan-ikan itu. Setelah ikan berhasil tertangkap, nelayan akan menarik tali leher burung, membuatnya melepaskan ikan itu ke dalam perahu.

Mencicipi Iwakunizushi

Berwisata ke Iwakuni, Kota Kastil Cantik di Jepang
Iwakunizushi (setouchtrip.com)

Rasanya tidak lengkap kan jika berjalan-jalan ke suatu tempat tanpa mencicipi makanan khasnya? Nah, Iwakuni punya makanan bernama Iwakunizushi, sushi asli Iwakuni.

Iwakunizushi memiliki bentuk unik, berebntuk segiempat dan bertumpuk-tumpuk layaknya cake. Sushi ini memiliki berbagai isi seperti potongan ikan, bunga chrysanthemum, akar teratai, potongan telur, dan irisan jamur shiitake. Lezat!

Jangan lupa kunjungi Iwakuni ya kalau ke Jepang nanti!