Share on

Apakah di antara kalian ada yang ingin mencoba 'menu' selain gunung yang tinggi atau hutan hijau yang rimbun untuk mengeksplorasi lanskap Jepang? Cobalah untuk mengunjungi salah satu dataran karst. Jika memikirkan alam Jepang, mungkin karst jarang sekali dikaitkan dengan topik tersebut berhubung lanskap ini langka didapatkan di negeri matahari terbit. Namun, karst-karst di Jepang tetaplah layak dikunjungi seperti yang berada di Akiyoshidai.

Advertise With Us

Karst adalah daerah yang terdiri atas batuan kapur yang berpori sehingga air di permukaan tanah selalu merembes dan menghilang ke dalamnya yang disebut dengan dolina. Di wilayah karst juga biasanya tidak terdapat vegetasi yang beraneka macam.

Karst terbesar yang terdapat di Jepang ada di Taman Semi-Nasional Akiyoshidai di Prefektur Yamaguchi. Dataran di sana memiliki morfologi permukaan yang tidak rata bagaikan di bulan. Perbedaannya, jika permukaan bulan tidak rata kareta benturan meteor, di karst ini permukaannya demikian karena adanya cekungan dolina ini.

Akiyoshidai

Di lingkungan karst taman semi-nasional ini terdapat banyak batuan kapur bertebaran. Cobalah untuk berjalan di antara tebaran batuan kapur, sambil menikmati suguhan pemandangan dengan langit yang bersih, lengkap dengan hamparan rumput hijaunya.

Walaupun banyak jalan naik-turun, kebanyakan kemiringannya tidak curam sehingga bagi yang ingin berkunjung ke dataran karst ini tak perlu latihan mendaki terlebih dahulu.

Pemandangan karst Akiyoshidai sangat berbeda dengan alam Jepang yang telah biasa dikenali. Atas alasan itulah tempat ini sangat cocok bagi mereka yang ingin melihat sisi lain Jepang.

Bicara tentang daerah dengan banyak batuan kapur, rasanya makin lengkap jika ada goa kapur juga. Tak jauh dari karst Akiyoshidai, ada juga goa Akiyoshido yang merupakan goa kapur terbesar dan terpanjang se-Jepang.

Goa ini bisa dimasuki dengan cara menggunakan dua jalur masuk biasa, Akiyoshido dan Kurotani, dan satu jalur yang dilengkapi elevator. Walau ada elevator, cobalah untuk masuk melalui jalur masuk Akiyoshido terlebih dahulu.

Akiyoshidai Akiyoshidai

Jika sudah masuk ke dalam goa, jangan lupa untuk melihat The Golden Pillar, yang merupakan deretan stalaktit dengan panjang 15 meter. Stalaktit ini merupakan simbol dari goa Akiyoshido.

Alamat: Akiyoshidai, Mine-shi, Yamaguchi-ken   Source & Images: Japan Travel, japan-guide