Share on
Tokyo adalah salah satu dari ibu kota mode di dunia, rumah bagi banyak stylist papan atas. Banyak sekali toko-toko pakaian dengan brand ternama di Tokyo. Tapi jangan khawatir. Kalau kamu ingin belanja pakaian murah di Tokyo dengan kualitas super, bisa kok. Selain pakaian baru, kamu bisa membeli pakaian bekas. Perlu diingat bahwa kebanyakan barang-barang bekas yang dijual di Jepang kualitasnya masih sebagus barang baru. Berikut adalah list tempat dimana kamu bisa berbelanja pakaian baru atau bekas dengan harga murah.

1. Pasar Loak

Ada beberapa pasar loak di daerah Tokyo,tapi yang paling populer adalah Pasar Loak Ohi Racecourse. Pasar ini terletak di dekat stasiun Oimachi, digelar setiap hari sabtu dan minggu dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore. Tidak hanya pakaian-pakaian bekas, kamu juga bisa menemukan perabotan rumah, aksesoris, dan lainnya.
Belanja Baju Murah di Tokyo, Baru dan Second Hand
Suasana di Pasar Loak Ohi Race Course (fleamapket.com)
Ada pula Pasar Loak Mottainai di Akihabara, dan pasar loak besar lainnya di area Shinjuku Chuo Park. Tapi jadwal buka dari kedua tempat ini tidak menentu dan bisa berubah-ubah. Kalau kamu ingin berkunjung ke dua tempat ini, pastikan kamu cek jadwal bukanya di website terlebih dahulu. Kamu juga bisa mencari informasi mengenai pasar-pasar loak ini di website recycler.jp, namun website ini hanya ada dalam bahasa Jepang.

2. Harajuku

Kalau kamu tidak sempat pergi pagi-pagi untuk berbelanja di pasar loak, kamu bisa pergi ke area Harajuku. Dibandingkan dengan pasar loak, pakaian-pakaian bekas di Harajuku mungkin akan sedikit lebih mahal. Tapi kamu tidak akan menyesal datang kesini. Tips pertama jika kamu ingin berbelanja di Harajuku; jangan takut dan malas untuk menjelajah! Sebagian besar toko di jalan Takeshita menjual barang di sudut-sudut kecil jalan, dan mungkin sangat sulit untuk dilihat. Di Jalan ini kamu bisa menemukan pakaian bekas dengan harga sekitar 300yen sampai 500yen saja.
Belanja Baju Murah di Tokyo, Baru dan Second Hand
Jalan penuh toko di area Harajuku (livejapan.com)
Salah satu toko yang wajib kamu kunjungi disini adalah 390 store. Sesuai dengan namanya, semua barang yang dijual di toko ini harganya hanya 390yen saja! Selain baju dan celana, kamu juga bisa menemukan tas, kaus kaki, topi, dan masih banyak lagi. Kalau kamu hobi cosplay dan menyukai pakaian gaya Lolita, kamu bisa berkunjung ke toko bernama Bodyline. Disini kamu bisa membeli celana dengan harga sekitar 200yen saja. Sepatu-sepatu bergaya lolilta dan punk pun bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar 3000yen. Meskipun kualitasnya tidak seperti merek-merek ternama, tapi kualitasnya sudah sangat bagus untuk harga yang murah. Toko ini juga sering mengadakan obral dengan harga yang jauh lebih murah. Tips kedua; berkunjunglah saat hujan. Biasanya banyak toko yang akan mengobral barang barang mereka sampai 20% saat hujan.

3. Shibuya

Toko pertama yang perlu kamu kunjungi untuk belanja murah di Shibuya adalah Bingo. Toko ini terletak di basement gedung cabang Shibuya Book Off. Selain menjual pakaian bekas dari merek lokal dan merek luar, Bingo juga menjual video game, DVD film, buku, komik, dan lain-lain.
Belanja Baju Murah di Tokyo, Baru dan Second Hand
Don Don Down on Wednesday di Shibuya (airfrov.com)
Toko yang kedua adalah Don Don Down on Wednesday, terletak di belakang Zara. Sesuai dengan namanya, setiap hari rabu toko ini menurunkan harga pakaian bekasnya. Harganya bisa turun sampai ke 100yen! Karena itu, toko ini pasti selalu penuh di hari Rabu.

4. Shinjuku

Meskipun Shinjuku terlihat seperti area perbelanjaan elit, tapi ternyata kamu juga bisa berhemat disini loh. Di area ini kamu tidak hanya bisa membeli pakaian bekas, tapi juga pakaian baru yang murah. Kamu bisa pergi ke arah barat jika ingin membeli pakaian bekas, dan ke timur jika ingin membeli pakaian baru. Ada banyak sekali toko yang menawarkan harga murah, kamu hanya perlu mencari dengan teliti.
Belanja Baju Murah di Tokyo, Baru dan Second Hand
Salah satu toko baju bekas di Shinjuku (secondhand-clothing-tokyo.blogspot.com)
Kalau kamu beruntung, kamu bisa menemukan pakaian dengan harga sekitar 400yen per potongnya. Selain pakaian, kamu juga bisa membeli sepatu dengan harga mulai dari 2000yen, atau 1000yen jika toko yang kamu kunjungi sedang mengadakan obral.

5. Takadanobaba

Destinasi belanja murah di Tokyo lainnya adalah Takadanobaba, terletak tidak jauh dari Shinjuku. Di area ini ada banyak restoran-restoran yang murah, dan juga satu toko pakaian yang murah; Shimamura. Meskipun toko ini sering diremehkan oleh banyak orang karena tidak begitu terkenal, tapi kalau kamu ingin mencari t-shirt, pakaian simpel atau pakaian anak-anak yang lucu, disinilah tempatnya. Toko ini juga sering berkolaborasi dengan karakter-karakter lucu, merek terkenal, dan idol, seperti Disney dan Sanrio.
Belanja Baju Murah di Tokyo, Baru dan Second Hand
Shimamura, salah satu tempat belanja murah di Tokyo (jw-webmagazine.com)
Atau kalau kamu tidak ingin pergi ke Shimamura, kamu bisa pergi ke Miniso atau Tanpopo House yang ada di area ini. Tanpopo House adalah dollar store, mereka menjual barang-barang kecil dengan harga mulai dari 100yen. Tetapi kamu juga bisa menemukan pakaian dan sepatu dengan harga murah disini.