Share on

Prefektur Fukui yang terletak di region Chubu mungkin menjadi daerah yang kurang begitu populer bagi para wisatawan asing yang berkunjung ke Jepang. Meskipun begitu Prefektur Fukui memiliki beberapa tempat wisata alam yang cukup mengesankan untuk didatangi. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Tebing Tojinbo

5 Tempat Wisata Alam di Prefektur Fukui
Tojinbo (gambar: JNTO)

Tebing Tojinbo ini memiliki panjang sekitar 1 km yang berada di pesisir Laut Jepang di utara kota Fukui. Tojinbo memiliki ketinggian lebih dari 20 meter yang berdiri kokoh ditengah sapuan ombak, para pengunjung bisa menikmati pemandangan indah Tojinbo dengan berjalan melalui jalur-jalur yang tersedia dan juga dengan menggunakan kapal cruiser. Namun kapal ini tidak beroperasi jika keadaan ombak sedang tinggi atau jika cuaca buruk.

Alamat: Anto, Mikuni-cho, Sakai-shi, Fukui-ken

Air Terjun Ichijodaki

5 Tempat Wisata Alam di Prefektur Fukui
Ichijodaki (gambar: けぴ)

Air Terjun Ichijodaki ini memiliki ketinggian 12 meter dan menjadi salah satu tempat tujuan wisata di Fukui. Meskipun air terjun disini terbilang kecil, namun memiliki daya tariknya sendiri yang konon menurut cerita, Kojiro Sasaki yang pernah bertarung melawan Musashi Miyamoto pada abad ke-16 menciptakan jurus pedangnya yang disebut Tsubamegaeshi di tempat ini, sehingga air terjun ini disebut juga sebagai Air Terjun Kojiro. Di area tempat masuk juga terdapat patung Kojiro Sasaki.

Alamat: Joukyouji-cho, Fukui-shi, Fukui-ken

Kehi no Matsubara

5 Tempat Wisata Alam di Prefektur Fukui
Kehi no Matsubara (gambar: JNTO)

Kehi no Matsubara adalah area yang memiliki pemandangan indah dengan pantai pasir putih dan hutan pinus. Tempat ini termasuk salah satu dari 3 pantai pasir utama dengan hutan pinus di Jepang. Dulunya kawasan ini adalah taman dari kuil Kehi, namun kemudian diambil alih oleh Nobunaga Oda dan kemudian dimiliki oleh domain Obama pada jaman Edo. Hutan pinus disini memiliki sekitar 17,000 pinus merah dan pinus hitam yang menempati sekitar 400,000 m2 sepanjang pantai yang menawarkan keindahan alami yang berbeda di setiap musimnya.

Alamat: Matsushima-cho, Tsuruga-shi, Fukui-ken

Mikata Goko

5 Tempat Wisata Alam di Prefektur Fukui
Mikata Goko (gambar: JNTO)

Mikata Goko (5 Danau Mikata) meliputi Danau Mikata, Danau Suigetsu, Danau Suga, Danau Kugushi, dan Danau Hiruga. Kelima danau ini memiliki kadar kandungan air dan kedalaman yang berbeda-beda sehingga menyebabkan warna airnya pun terlihat berbeda satu dengan yang lainnya.

Alamat: Shimanouchi, Wakasa, Mikatakaminaka, Fukui

Ryusougataki

5 Tempat Wisata Alam di Prefektur Fukui
Ryusougataki (gambar: 紫煙 // CC BY-SA 3.0)

Ryusougataki atau air terjun Ryusou memiliki ketinggian sekitar 60 meter yang dikelilingi oleh hijaunya tumbuhan. Pada saat musim gugur dedaunan akan berubah warna menjadi kemerahan menampilkan pemandangan yang memukau. Terdapat 2 legenda yang berhubungan dengan air terjun ini yang beredar di warga lokal, yang pertama yaitu dikatakan ada seorang biksu Buddha bernama Ryusou yang hidup di sekitar air terjun ini, dan mengukir gambar Buddha untuk berdoa agar mendapatkan kesuksesan dalam pelatihan religinya. Legenda lainnya yaitu dikatakan bahwa ada seekor naga yang hidup di dalam air terjun ini, dan terkadang muncul ke permukaan untuk naik ke surga.

Alamat: Ohmoto, Ikeda-cho, Fukui

Itulah 5 tempat wisata untuk menikmati keindahan alam yang bisa kalian kunjungi di Fukui. Selain wisata dengan keindahan alam yang menarik, di prefektur Fukui juga terdapat berbagai lokasi wisata lainnya seperti Museum Dinosaurus Fukui yang disebut sebagai salah satu yang terbaik di dunia.