Share on

Jika mendengar kata Hokkaido, yang terbayang di pikiranmu mungkin adalah sebuah area di Jepang yang terkenal dengan udara segar dan pemandangannya yang cantik. Ternyata, Hokkaido juga merupakan surga bagi para pecinta kuliner lho! Salah satu makanan yang menjadi favorit pecinta kuliner saat mengunjungi Hokkaido adalah ramen. Ya, Hokkaido memang memiliki banyak tempat ramen yang memiliki menu dengan rasa unik.

Advertise With Us

Nah, mau tahu kedai ramen yang disebut-sebut kedai ramen terenak di Hokkaido? Ayo simak uraian di bawah ini!

Akamatsu Ramen

5 Ramen Paling Enak di Hokkaido yang Wajib Dicoba
Akamatsu Ramen (grapee.jp)

Akamatsu Ramen adalah salah satu kedai ramen paling populer di Hokkaido. Akamatsu terkenal dengan menu ramen sake dashi (kaldu salmon) dan Doro Shouyu-nya.  Ramen di kedai ini dibuat dengan menggunakan bahan-bahan segar dan mie dari bambu nemagari, membuat rasanya tambah unik.

Asyiknya lagi, kamu bisa menikmati ramen ini dengan lemon yang sudah disediakan di pinggir mangkuk. Tinggal peras lemonnya, dan kamu akan mendapat ramen dengan rasa gurih sekaligus asam dan segar!

Untuk info lebih lanjut, bisa langsung klik situs resmi Akamatsu Ramen.

Keyaki Ramen

5 Ramen Paling Enak di Hokkaido yang Wajib Dicoba
Con Butter Ramen di Keyaki Ramen Hokkaido (gltjp.com)

Jika kamu ingin mencicipi ramen dengan rasa khas Hokkaido, kamu bisa mengunjungi Keyaki Ramen di Sapporo. Kedai ini memadukan miso dan rasa khas Hokkaido menjadi semangkuk corn butter ramen yang unik dan nikmat. Corn butter ramen ini dibuat dari jagung asal Hokkaido lho. Wajib dicoba!

Ramen Mokuren

5 Ramen Paling Enak di Hokkaido yang Wajib Dicoba
Ramen Mokuren (tripdvisor.com)

Ramen Mokuren adalah kedai mungil di Sapporo yang terkenal dengan rasa miso ramennya yang kaya dengan wangi bawang putih yang menggoda. Buat kamu yang tidak terlalu suka ramen berminyak, bisa memesan ramen less-oily dengan mengatakan オイル少なめ (oiru sukuname) pada pelayannya.

Shirakaba Sansou Ramen

5 Ramen Paling Enak di Hokkaido yang Wajib Dicoba
Shirakaba Sansou Ramen (willflyforfood.com)

Kedai ramen yang pertama kali dibuka di Sapporo ini adalah kedai ramen paling terkenal di Jepang. Cabangnya sudah ada di seluruh penjuru Jepang! Ramen yang menjadi ciri khas Shirakaba Sansou adalah miso ramennya, saking terkenalnya, ramen ini juga disebut  mendapat julukan “The Legendary Miso Ramen” di kalangan pecinta ramen.

Kaldu miso ramen di Shirakaba Sansou Ramen merupakan gabungan dari tulang babi, seafood, dan minyak tipis yang menjadikan rasanya unik dan sempurna.

Ebisoba Ichigen

5 Ramen Paling Enak di Hokkaido yang Wajib Dicoba
Ebisoba Ichigen (ramenguidejapan.com)

Di kedai ini, kamu bebas memilih varian kuah kaldu dan ukuran mie (tebal atau tipis) sendiri. Varian kuah kaldu yang tersedia adalah: Sono Mama (kuah kaldu udang), Hodohodo (kuah campuran kaldu udang dan babi/tonkotsu), dan Ajiawai (ramen kuah kental dan memiliki rasa yang kuat). Menarik dan patut dicoba!

Bagaimana? BIkin lapar kan? Nah, cicipi saja langsung kalau ke Hokkaido!