Share on

Jepang memiliki tempat khas yang biasanya sering didatangi oleh orang-orang yang baru saja pulang kerja larut untuk menghabiskan waktu. Salah satu tempat yang terkenal adalah Omoide Yokocho yang berada di Shinjuku. Berbagai macam jenis ‘Sunakku Bar’ Berjejer disepanjang jalan hingga ujung gang.

Advertise With Us

Yang menarik dari hal tersebut salah satunya ialah light-up yang bertengger di depan setiap kedai atau bar. Berbagai warna dan bentuk menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengunjung apalagi saat kedai tersebut dibuka ketika malam menjelang. Gelapnya gulita dan pancaran cahaya dari warna-warni light-up sepanjang jalan gang membawa suasana yang memanjakan mata. Seolah ingin terbawa arus menyusuri sepanjang jalanan gang tersebut.

Menyulap Lemari Es Dengan Suasana Retro Lampu ‘Sunakku Bar’ Ala Jepang Yang Dramatis
(rangkaian light-up magnet, sumber: soranews24)

Namun, kini kalian tidak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk menciptakan suasana menenangkan tersebut karena kalian dapat membuatnya di rumah. Sebuah perusahaan di Jepang membuat sebuah magnet lemari es yang berbentuk light-up bertema ‘Sunakku Bar’ ini. Sebuah produsen mainan gacha Jepang, Kitan Klub yang berada dibalik ide tersebut.

Ada berbagai jenis dan warna yang dibuat untuk hiasan magnet ini seperti nama bar, musik dan lainnya. Uniknya kalian dapat menyusun seluruh jenis magnet dalam satu baris dan menempelnya di pintu lemari es secara bersama-sama.

Setiap hiasan ini dijual seharga 300 Yen dan bisa didapatkan melalui permainan mesin gacha kapsul yang dijual secaranasional sejak tanggal 7 Desember.

Menyulap Lemari Es Dengan Suasana Retro Lampu ‘Sunakku Bar’ Ala Jepang Yang Dramatis
(Cara memasang magnet Sunakku Bar, sumber: soranews24)

‘Sunakku Bar’sendiri merupakan tren yang sedang naik daun pada Era Showa (1926-1989) dimana banyak sudut-sudut di kota Jepang memiliki jalan dengan julukan tersebut. Arti dari nama tersebut diambil dari kata “snack” atau makanan ringan yang pada makna sebenarnya lebih luas lagi dan pada akhirnya menjadi sebuah istilah untuk penyajian ‘minuman’ atau makanan ringan. Biasanya di setiap bar memiliki pelayan yang disebut dengan ‘mama-san’ yang akan menyambut dan menyajikan minuman kepada pelanggan.

Karena populer pada Era Showa, tren ini cocok dikategorikan sebagai salah satu gaya retro yang nyaman untuk dinikmati di masa sekarang. Dengan menempelkannya di bagian pintu lemari es lalu mematikan lampu ruangan maka suasana kental pada era tersebut akan sangat terasa karena magnet tersebut memiliki lampu yang akan menyala ketika menyentuh pintu lemari es.

Selain untuk dipakasi sebagai pajangan sendiri, kalian juga dapat menggunakannya sebagai souvenir atau oleh-oleh untuk temdan dekat atau kerabat di rumah.