Share on

Sudah tak usah dijelaskan dengan panjang lebar lagi kalau Jepang memiliki banyak acara festival yang digelar di tiap-tiap wilayahnya dengan nama dan tradisi yang berbeda juga. Kali ini kita akan membahas salah satu festival menarik yang ada di wilayah Fukuoka yakni, Festival Lonceng Angin di Kuil Nyoirin-ji.

Advertise With Us

Festival ini merupakan festival yang diadakan setiap tahunnya menjelang musim panas. Festival lonceng angin atau yang biasa disebut furin ini merupakan acara yang memberi kesempatan pada pengunjung kuil untuk berdoa meminta keselamatan selama bulan-bulan musim panas.

Acara ini akan dimulai sejak pagi hari dengan berbagai kegiatan menarik seperti pertunjukan drum Taiko, dan akan terdapat banyak lonceng yang terpasang di sekitar kuil. Loncengnya sendiri merupakan kumpulan doa-doa yang ditulis oleh para pengunjung yang selanjutnya digantung di sekitar kuil hingga bulan September mendatang. Kalian dapat membeli loncengnya di kuil dengan harga 500 yen.

Kuil Nyoirin-ji sering dijuluki dengan nama Kaerudera atau “kuil katak”, alasannya adalah karena banyak katak yang dapat kalian temui di halaman kuil yang termasuk pemandangan langka di kuil Jepang. Kuil ini terletak di Kota Ogori, Prefektur Fukuoka yang dapat dicapai dengan menggunakan kereta Nishitetsu Tenjin Omuta dari Tenjin di Fukuoka dan turun di Stasiun Mitsusawa. Dari situ, kalian akan menempuh perjalanan dengan berjalan kaki selama 15 menit.

Kuil Nyoirin-Ji

Julukan kuil katak sendiri juga sebenarnya sebuah ciri dari kuil Nyoirin-ji dimana terdapat ribuan patung katak yang tinggal di kuil ini, selain itu banyak pula ornamen atau hiasan dengan bentuk katak dan barang-barang dengan gambar dan tema serupa yang dikumpulkan oleh kepala kuil tersebut.

Terdapat satu ornamen katak yang besar disana, kalian dapat mengambil beberapa bidik gambar dengan menggunakan objek berbentuk katak tersebut.

Ketika memasuki kawasan kuil kalian akan dimanjakan dengan banyaknya lonceng angin yang ramai berbunyi ketika angin bertiup. Dengan dentingan dari lonceng yang beradu itu dapat membantu kalian mengalihkan pikiran dari panasnya cuaca musim panas.

Info lebih lengkapnya bisa kalian kunjungi website ini.

 

Sumber: moshimoshi-nippon, fukuoka-now

All images: ks1974.blogspot