SHARE THIS ARTICLE

Indonesia Comic Con 2016 yang digelar di JCC, Jakarta pada Sabtu dan Minggu (1-2/9) tidak hanya menghadirkan sederetan aktor dan aktris ternama, namun juga beberapa legenda dalam kultur pop Asia, terkhusus Jepang.  Salah satunya adalah Akira Kushida yang suaranya sudah tidak asing didengar di serial tokusatsu dan berkarya lebih dari 50 tahun lamanya.

Japanese Station berkesempatan melakukan wawancara dengan sang legenda ini usai dirinya mengakhiri penampilannya di atas panggung. Dia masih mengenakan pakaian panggungnya dengan penampilan serba hitam layaknya seorang rockstar sejati. “Panggil saya Kussy,” ujarnya.  

Ini pertama kalinya Kussy datang ke Indonesia, bagaimana rasanya bisa datang ke Indonesia?

Ya, ini pertama kalinya saya datang ke Indonesia, terlebih lagi Jakarta, pertama kali saya sampai di sini saya kaget dan kagum dapat melihat banyak gedung-gedung yang eksotis, yang bentuknya cukup aneh yang tidak bisa ditemukan di Jepang.

Menurut Kussy, apa sih keunikan dari theme song tokusatsu?

Hmmm… bagi saya, walaupun theme song tokusatsu memiliki melodi yang berbeda-beda, semuanya dapat dinyanyikan dengan penuh semangat.

interview-akira-kushida-sang-legenda-pelantun-lagu-lagu-tokusatsu-1

Apa rahasia Kussy dapat tampil tetap bugar seperti ini meskipun sudah memiliki usia yang seperti sekarang ini?

Saya memiliki keyakinan untuk tidak mengecewakan orang-orang yang sudah menunggu kedatangan saya, seperti fans-fans saya sendiri, untuk itu saya tetap melatih kondisi fisik tubuh saya, menjaganya agar tetap memberikan performa yang baik.

Lalu bagaimana anda menjaga performa suara anda?

Kalau bagi saya, suara itu bukan dijaga namun dilatih, sehingga dapat melampaui batasannya dan menjadi lebih hebat lagi.

Menurut Kussy, bagaimana perkembangan musik di Jepang sekarang ini?

Sekarang ini, banyak lagu yang menurut saya hanya terdengar berisik saja. Beberapa di antaranya memang baik namun banyak yang lainnya hanya menghasilkan keberisikannya saja. Saya lebih menyukai lagu-lagu yang sudah lama dibandingkan yang baru. Khusus dalam lagu-lagu tokusatsu, sekarang banyak penyanyi laki-laki yang memiliki suara yang imut, kawaii seperti itu dalam menyanyikan lagunya.

Bagaimana rasanya dapat berduet dengan Michie-san?

Ya, sebelumnya saya bertemu beberapa kali dengan beliau dalam satu panggung, namun belum sempat berduet dalam menyanyikan sebuah lagu. Ini pertama kalinya saya berduet dengan beliau dan saya merasa tertarik dan senang dapat berduet dengannya.

interview-akira-kushida-sang-legenda-pelantun-lagu-lagu-tokusatsu-3

Apa momen terbaik yang pernah dirasakan menjadi seorang penyanyi?

Bagi saya, setiap saya tampil dan bertemu dengan fans-fans saya adalah pengalaman yang paling menyenangkan yang bisa saya rasakan, dan menjadi momen terbaik untuk saya.

Adakah rencana ke depannya untuk Kussy?

Tidak perlu jauh-jauh, sebentar lagi saya akan merayakan ulang tahun ke-50 saya sebagai seorang penyanyi. saya akan membuat sebuah debut recording album saya. Jadi mohon ditunggu kejutan dan kabar berikutnya.

Sebuah pengalaman yang tak terlupakan dapat berbicara langsung dengan Kussy. Semangatnya yang terus membara meskipun di usia yang sudah cukup lanjut, menjadi sebuah inspirasi bagi kita semua. Semangat dan sukses terus ya, Akira Kushida!

Text: Michael Adrian
Foto: Amozy Audrey

COMMENT