SHARE THIS ARTICLE

Salah satu ajang penghargaan yang menjadi barometer tolak ukur kualitas sebuah manga adalah Shogakukan Manga Awards yang kali ini sudah memasuki tahun penyelenggaraannya yang ke-61. Jajaran juri yang kali ini yang termasuk Kiyoko Arai (Beauty Pop), penulis Mitsuyo Kakuta, Eiji Kazama, Kaiji Kawaguchi, dan Kenshi Hirokane akhirnya telah mengumumkan manga-manga yang berhasil menjadi juara pada Kamis kemarin, dan para pemenang berhak membawa pulang sebuah patung perunggu dan hadiah uang tunai sebesar 1 juta yen.

Best Children’s Manga

Usotsugi! Gokuou-kun

Inilah Para Juara Shogakukan Manga Awards ke-61! - Usotsugi Gokuou-kun

Mangaka: Makoto Yoshimoto

Serialisasi: Bessatsu Coro Coro Comic, Monthly Coro Coro Comic

Penerbit: Shogakukan

Sinopsis: Manga ini menceritakan tentang Gokuou-kun, seorang ‘pembohong spesialis’ yang suka berbohong dan mengungkapkan kebohongan orang lain. Bersama kucing peliharaannya, Nekokarasu, ia mengungkapkan berbagai kebohongan yang marak terjadi di sekolahnya.

Best Shounen Manga

Haikyuu!!

Inilah Para Juara Shogakukan Manga Awards ke-61! - Haikyuu!!

Mangaka: Haruichi Furudate

Serialisasi: Weekly Shounen Jump

Penerbit: Shueisha

Sinopsis: Sejak ia melihat seorang pemain legendaris yang dijuluki ‘Little Giant’ saat final pertandingan voli nasional, Shoyo Hinata telah bertekad untuk menjadi atlet voli terbaik sepanjang masa! Ia pun memutuskan untuk bergabung dengan tim SMA tempat Little Giant tergabung untuk mengalahkannya. Siapa bilang kalian harus tinggi untuk menjadi pemain voli kalau kamu bisa melompat lebih tinggi dibandingkan para pemain lainnya? Namun, setelah kalah di pertandingan voli pertama dan terakhirnya melawan Tobio Kageyama, sang King of the Court, Shoyo bersumpah untuk menjadi saingannya saat ia sudah lulus SMP, tapi bagaimana jadinya kala orang yang seharusnya menjadi saingannya tersebut malah berakhir sebagai rekan satu timnya?

Best Shoujo Manga

Ore Monogatari!! (My Love Story!!)

Inilah Para Juara Shogakukan Manga Awards ke-61! - Ore Monogatari!! - oremonogatari.wikia.com
Image Source: oremonogatari.wikia.com

Mangaka: Kazune Kawahara & Aruko

Serialisasi: Bessatsu Margaret

Penerbit: Shueisha

Sinopsis: Takeo Goda adalah pemuda bertubuh besar dengan hati yang besar. Sayangnya, tak ada gadis yang mau berpacaran dengannya, dan mereka lebih tertarik pada sahabatnya yang tampan, Sunakawa. Sudah biasa tidak diinginkan orang, Takeo hanya berlapang dada saja menerima takdirnya, sampai suatu hari saat ia menyelamatkan seorang gadis bernama Yamato dari seorang pria mesum di kereta, takdir cintanya mendadak berubah drastis!

Best General Manga

Umimachi Diary

Inilah Para Juara Shogakukan Manga Awards ke-61! - Umimachi Diary

Mangaka: Akimi Yoshida

Serialisasi: Monthly Flowers

Penerbit: Shogakukan

Sinopsis: Ber-setting di Kamakura, kisah Umimachi Diary berfokus pada Yoshino, anak tengah dari tiga bersaudari. Pada suatu pagi saat terbangun, Yoshino menerima kiriman surat wasiat ayahnya yang sudah lama tidak pernah bertemu dengannya sejak bercerai dengan ibunya. Setelah sekian lama, Yoshino tak lagi yakin akan apa yang haris ia rasakan atas meninggalnya sang ayah. Baru di upacara pemakaman ayahnya sajalah ketiga bersaudari tersebut bertemu dengan saudari tiri mereka untuk pertama kalinya.

Best General Manga

Sunny

Inilah Para Juara Shogakukan Manga Awards ke-61! - Sunny

Mangaka: Taiyo Matsumoto

Serialisasi: Mothly Spirits

Penerbit: Shogakukan

Sinopsis: Manga slice-of-life ini bercerita tentang anak-anak di panti asuhan Star Kids. Dengan sebuah mobil kuning yang terbengkalai bernama Sunny, anak-anak bisa pergi ke manapun mereka mau, termasuk melarikan diri dari keadaan dan pergi menjalani berbagai petualangan imajinatif.

Source : animenewsnetwork.com
COMMENT