SHARE THIS ARTICLE

Hideo Kojima Hengkang dari Konami Metal Gear Solid Tamat (1)Dunia game dihebohkan dengan kabar hengkangnya game designer kawakan, Hideo Kojima dari Konami. Kabar tersebut muncul setelah netizen menyadari tak ada kalimat ‘A Hideo Kojima Game‘ dan logo Kojima Production pada poster promosi Metal Gear Solid V: The Phantom Pain.

Tak hanya itu, nama Kojima pun telah hilang dari daftar karyawan di perusahaan Konami per 1 April 2015 yang baru saja diumumkan. Hal ini jelas memunculkan isu dan berbagai spekulasi mengenai hengkangnya dedengkot video game itu dari Konami. Padahal sebelumnya, pria berusia 51 tahun itu terdaftar sebagai Executive Content Officer and Director of Kojima Productions.

Situs Kojima Productions sendiri juga ikut menghilang. Situs tersebut sekarang sudah diambil alih dan secara langsung akan tersambung dengan situs Konami. Begitu pula dengan akun Twitter Kojima Productions yang secara mengejutkan telah berganti nama menjadi akun Metal Gear Solid.

Selain itu, studi Kojima Productions di Los Angles, Amerika Serikat yang berdiri sejak bulan September 2013 guna membantu pengembangan game Metal Gear telah berganti namanya menjadi Konami Los Angeles Studio.

Usut punya usut ternyata Konami tengah melakukan restrukturisasi menuju kepada kontrol sistem terpusat dari markas besar publisher game raksasa asal Jepang tersebut.

Kami tengah melakukan perubahan terhadap struktur produksi kami menjadi sistem headquarters-controlled, di mana hal ini dilakukan dalam rangkaian membangun basis operasi yang mantap yang dapat merespons perubahan pasar yang cepat di sekitar bisnis hiburan digital Konami,” ujar Juru Bicara Konami, dikutip detikINET dari Gamespot, Jumat (20/3/2015).

Hideo Kojima Hengkang dari Konami Metal Gear Solid Tamat (2)Sementara itu, sebuah sumber dari Konami yang tak bisa disebutkan namanya membenarkan perihal hengkangnya Kojima dari Konami kepada Gamespot.

Setelah kami selesai dengan Metal Gear Solid V, Kojima dan eksekutif di manajemen akan meninggalkan Konami. Mereka mengatakan kontrak mereka akan berakhir di bulan Desember 2015,” ujarnya.

Hideo Kojima Hengkang dari Konami Metal Gear Solid Tamat (3)Munculnya kabar hengkang kreator Metal Gear Solid Hideo Kojima cukup membuat gamer penasaran. Apakah ini berarti serial game Metal Gear Solid juga bakal selesai?

Tenang, Anda tak perlu was-was. Konami memastikan bahwa petualangan Metal Gear Solid bakal terus berlanjut. Kepastian ini diungkapkan Konami dalam sebuah pengumuman resmi.

Pengumuman itu sendiri dibagi dalam dua bagian. Pada paragraf pertama yang ditulis dalam bahasa Jepang, Konami sekali lagi membeberkan jadwal perilisan Metal Gear Solid V: The Phantom Pain yang dijadwalkan meluncur pada tanggal 1 September 2015 di beberapa negara. Sedangkan untuk kawasan Asia dan Jepang jadwal rilis sehari setelahnya atau pada tanggal 2 September 2015.

Tak ada hal baru memang dari pengumuman di paragraf pertama. Namun begitu sampai ke paragraf terakhir, mungkin kalimat ini akan menjadi pengumuman yang menarik.

Ya, secara diam-diam Konami mengumumkan jika pihaknya akan terus melanjutkan produksi game Metal Gear Solid setelah Metal Gear Solid V: The Phantom Pain rilis.

Sebagai tambahan, Konami juga akan memproduksi serial Metal Gear Solid setelah The Phantom Pain rilis, kami akan terus memberikan kabar. Terima kasih atas dukungan kalian terhadap Metal Gear,” tulis Konami dikutip detikINET dari Attack of the Fanboy, Jumat (20/3/2015).

Pernyataan dari Konami tersebut jelas menimbulkan pertanyaan. Apakah Konami akan memproduksi Metal Gear Solid tanpa Hideo Kojima? Tidak ada yang tahu.

Kojima sendiri beberapa waktu yang lalu pernah mengonfirmasi jika Metal Gear Solid V: The Phantom Pain akan menjadi seri Metal Gear terakhirnya dalam 27 tahun.

Sources :
COMMENT