SHARE THIS ARTICLE
image: tokyoreporter.com
image: tokyoreporter.com

Hari Selasa yang lalu, gajah tertua di Jepang bernama Hanako telah menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 69 tahun setelah kesehatannya mengalami penurunan sejak Maret lalu. Hanako adalah gajah Asia yang dikirim sebagai hadiah persahabatan dari Thailand pada tahun 1949 dan hidup menyendiri di dalam kandang di Inokashira Park Zoo di Musashino City. Di Jepang sendiri Hanako cukup populer, bahkan kisah hidupnya pernah dibuat menjadi drama TV dan buku-buku bergambar.

Dilansir dari berbagai sumber, gajah tertua di Jepang itu merupakan gajah pertama yang hadir di Jepang setelah Perang Dunia II. Pada masa perang, gajah-gajah di Jepang diperintahkan untuk dibunuh karena orang-orang khawatir hewan tersebut akan panik dan kabur jika terjadi serangan udara. Kedatangan Hanako ke Inokashira Park Zoo pada saat itu menjadi simbol perdamaian.

Hanako juga pernah menjadi topik utama berbagai media di Jepang tahun lalu melalui petisi “Help Hanako” yang mengumpulkan ribuan tandatangan dari seluruh dunia untuk meningkatkan kehidupan gajah tersebut. Namun menurut pengelola kebun binatang itu untuk memindahkan Hanako ke tempat yang lebih baik akan membuat gajah tersebut stres karena perubahan lingkungan.

Selamat jalan Hanako!

Sources :
COMMENT