Sony akhirnya mengumumkan seperti apa PlayStation 5 semalam dalam event-nya yang bertemakan "The Future of Gaming". Setelah hampir satu jam pengumuman game PlayStation, Sony juga memperlihatkan desain dan first look PlayStation 5 itu sendiri setelah dinanti-nanti sejak lama oleh para fans dari Sony. Penasaran bentuknya seperti apa? 

Playstation 5
Playstation 5 4K Blu-ray Drive (Sony PlayStation)

Cuplikan dalam event tersebut memperlihatkan desain yang yang sangat futuristik dan dibalut oleh warna putih yang dominan. Ini menegaskan bahwa konsol ini berbeda dengan warna PlayStation terdahulunya seperti seri ke 2,3 dan 4 yang dibalut oleh warna hitam sebagai warna utama. 

PlayStation 5
PlayStation 5 digital edition ( Sony PlayStation)

Pada video yang dirilis Sony juga memperlihatkan PS5 dibuat berdiri secara vertikal, layaknya Xbox Series X. PlayStation 5 akan hadir dalam 2 varian, yaitu 4K blu-ray drive dan Digital Edition. Untuk versi Digital Edition sendiri memiliki desain yang lebih tipis, dikarenakan adanya penghapusan drive yang dapat memaksimalkan desain tersebut agar lebih kecil.

Dengan adanya penghapusan drive, PlaysStation 5 Digital Edition harusnya memiliki harga yang lebih murah. Akan tetapi, pada event semalam Sony sendiri belum merilis berapa harga dari game konsol ini. Sony hanya mengungkapkan game-game yang dikeluarkan dan berfokus pada desain serta first look PlayStation 5.

Sama seperti Xbox series X, PlayStation 5 dapat ditempatkan secara vertikal maupun horizontal di bawah televisi atau monitor kalian. Sony juga telah membuat dudukan yang berfungsi untuk digunakan dalam keadaan apapun baik horizontal ataupun vertikal.

Desain ini juga telah memikirkan pengunaan tempat yang sangat maksimal dan minimalis. Salah satunya adalah penempatan ventilasi yang sudah sangat dipikirkan dengan matang di bagian atas untuk mengeluarkan udara panas dan juga penempatan port USB-A dan USB-C di bagian depan.

PlayStation 5
PlayStation 5 dan aksesorisnya (Sony PlayStation)

Sony juga telah menciptakan sejumlah aksesoris untuk PS5, termasukuk DualSense Charging Station, Kamera dengan resolusi HD, headset 3D wireless dengan noise cancelling. Untuk mesinnya sendiri PS5 menggunakan CPU AMD Zen 2 eight core dan GPU AMD RDNA 2 custom.

Sony menyiapkan solusi SSD secara ekslusif untuk mempercepat load time games. SSD ini akan hadir dengan kapasitas 825GB dengan kecepatan kinerja 5,5GB/s. Epic Games pun baru-baru ini memberikan sebuah demonstrasi teknologi unreal 5 yang sangat menakjubkan yang dimainkan di PS5 dengan resolusi sinematik 8K dan grafik yang sangat dinamis. 

Jika kalian memutuskan ingin membeli PlayStation 5 ada baiknya kalian menyiapkan TV yang mendukung karena PS5 sendiri juga mendukung grafis hingga 8K dan grafik 4k pada kecepatan refresh rate sekitar 120Hz dan audio 3D.