SHARE THIS ARTICLE

fish story

Kalian mungkin akan mengernyitkan dahi saat membaca judul di atas, bagaimana mungkin sebuah lagu menyelamatkan bumi dari kejatuhan komet. Lalu apa hubungannya ikan, lagu punk dengan komet? Yup, film ini memang salah satu film absurd namun sarat pesan penting tentang kehidupan.

Kadang kita sering menganggap remeh hal-hal kecil. Kita tak sadar hal kecil tersebut mungkin membawa pengaruh bagi orang lain. Itulah yang ingin disampaikan oleh film arahan Yoshihiro Nakamura yang rilis tahun 2009 silam.

Berlatar di sebuah toko musik pada tahun 2012, saat semua orang sudah mengungsi menghindari dampak tabrakan komet dengan bumi yang akan terjadi beberapa jam lagi, pemilik toko tersebut tetap membuka tokonya karena dirinya yakin bumi dapat selamat dengan mendengarkan sebuah lagu beraliran punk-rock yang berjudul fish story.

Film ini terdiri dari kumpulan cerita dengan setting waktu yang berbeda, terlihat tak terkait namun sebenarnya jika kita jeli, semuanya saling berhubungan. Dibutuhkan kesabaran ekstra untuk menonton film ini, bukan karena membosankan, namun karena kita benar-benar harus memahami tiap jalan cerita yang ada sampai akhir. Ya, karena di akhir filmlah kalian akan menemukan jawaban mengenai kaitan tentang “fish story“, punk dan komet.

Fish Story (1)

Bermula dari kisah sebuah band punk rock dengan 4 personilnya yang sedang dalam tahap akhir rekaman terakhir mereka sebelum bubar. Di saat kalut mencari inspirasi lagu, sang vokalis menemukan sebuah novel milik manajernya dan mendapati bahwa sajak-sajak di novel itu sangat menarik jika dibuat lagu. Setelah mendapat izin dari si penulis novel yang tidak lain adalah si manajer band sendiri, sang vokalis pun mulai menyadur novel tersebut menjadi sebuah lagu. Menariknya, ternyata novel tersebut adalah novel terjemahan luar negeri yang salah translate sehingga ditarik dari peredaran. Jadilah sebuah lagu dengan lirik yang terkesan bermakna dalam tapi sebenarnya tak memiliki arti apapun karena proses salah translate tadi. Meski demikian, mereka tak menyadari jika lagu iseng  tersebut akan memiliki dampak besar selama tiga dekade mendatang.

Kalian mungkin akan merasa bingung pada awal film, dengan lambatnya dan maju-mundurnya alur tak karuan, berganti setting tempat dan tokoh begitu saja, semua terasa menggantung dan aneh. Namun di situlah keistimewaan film ini, ide cerita yang terdengar konyol akan menjadi sangat bermakna di akhirnya.

Dengan backsound lagu “fish story” yang selalu berkumandang baik di awal,tengah maupun akhir film membuat kita semakin tersugesti dan yakin bahwa sebuah lagu dapat mempengaruhi peradaban manusia.

Jadi apa itu fish story? Silakan anda nikmati sendiri dengan menonton filmnya langsung.

COMMENT