SHARE THIS ARTICLE

Lebih Peduli Dengan Kebersihan di Tahun Keempat Jakarta Osoji Club 5

Seberapa pedulikah kalian dengan kebersihan lingkungan? Pertanyaan seperti itu pasti selalu tersirat saat menghadiri acara milik Jakarta Osoji Club (JOC), sebuah komunitas bentukan ekspatriat Jepang yang selalu menekankan kesadaran kepada masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Kini di tahun keempatnya mereka kembali untuk mengingatkan melalui sebuah seminar dan diskusi yang bertajuk “Sampahku, Tanggungjawabku” bertempat di AEON Mall pada Sabtu (30/04).

Lebih Peduli Dengan Kebersihan di Tahun Keempat Jakarta Osoji Club 1

Seminar yang dibuat sekaligus untuk memperingati hari jadi komunitas Jakarta Osoji Club yang jatuh pada tanggal 29 April ini banyak berisi dialog interaktif antara para pembicara dari komunitas lingkungan dengan peserta. Tema-tema yang diangkat relevan dengan keadaan masyarakat sekarang seperti “No Plastic Bag” yang membahas tentang dampak sampah plastik terhadap lingkungan dan “Komunitas Berbasis Lingkungan dan kegiatannya” yang berisi tukar pengalaman antar komunitas. Sebanyak tiga komunitas ikut serta dalam diskusi ini yaitu SEASOLDIER, KeMangteerJKT dan BersihNyok. Semuanya berbagi kisah tentang aksi mereka dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Lebih Peduli Dengan Kebersihan di Tahun Keempat Jakarta Osoji Club 3

Dalam acara ini juga ditampilkan lagu bertema kebersihan milik JOC yang berjudul Osoji Ondo oleh siswa dan siswi SMPn 01 Cisauk, Tangerang. Lagu ciptaan salah satu ekspatriat Jepang ini memiliki lirik yang kuat dalam menjaga kebersihan, di mana ada kalimat “malu buang sampah sembarangan” yang dinyanyikan dengan bahasa Jepang. Setelah perayaan ulang tahun secara simbolis, acara pun ditutup dengan pertunjukan panggung Osoji Ondo.

Lebih Peduli Dengan Kebersihan di Tahun Keempat Jakarta Osoji Club 3

Membuang sampah sembarangan adalah hal yang paling memalukan. Semoga sikap seperti itu tidak ada dalam diri kita dan Indonesia bisa menjadi negara yang lebih bersih dari sebelumnya,” ujar Tsuyoshi Ashida selaku founder JOC menutup acara.

(Photos by Amozy Audrey)

COMMENT