Share on

Toshiro Mifune Award adalah penghargaan bergengsi perfilman Jepang yang dinamai dengan nama aktor legendaris Jepang, Toshiro Mifune. Tahun ini, penghargaan ini diserahkan di acara Kyoto International Film Festival 2017, dan diterima oleh aktor dan musisi Jepang Tadanobu Asano.

Advertise With Us

Asano Tadanobu lahir pada 27 November 1973, dengan nama Tadanobu Sato di prefektur Kanagawa. Ia dikenal karena perannya sebagai Dragon Eye Morrison di Electric Dragon 80.000 V, Kakihara di Ichi the Killer, Mamoru Arita di Bright Future, Hattori Genosuke di Zatoichi, Kenji di Last Life in the Universe, seorang pria di Survive Style 5+, Ayano Dalam Taste of Tea, Temujin di Mongol, Kapten Yugi Nagata dalam Battleship, Lord Kira Yoshinaka di 47 Ronin, dan Hogun di Thor, berdasarkan karakter Komik Marvel. Pada tahun 2016, dia tampil sebagai Interpreter di Martin Scorsese's Silence.

Ia memenangkan penghargaan Most Popular Performer di Academy Award Jepang 1997 untuk Acri dan dinominasikan dalam kategori Aktor Pendukung Terbaik di tahun 2004 untuk penampilannya di Zatôichi. Dia juga menerima Upstream Award untuk Aktor Terbaik di Festival Film Venesia 2003 untuk perannya di Last Life in the Universe. Pada tahun 2014 ia memenangkan penghargaan untuk Aktor Terbaik di Festival Film Internasional Moskow ke-36 karena perannya di My Man.

Ia juga memenangkan Penghargaan Aktor Pendukung Terbaik Film Asia ke-10, "Terbaik di Dunia Jauh", Penghargaan Aktor Terbaik Film Asia ke-11 dan "Asian Academy”. Hadiah tersebut, yang juga disebut sebagai pemenang pertama dalam sejarah, dan pada tahun 2017 ia menjadi topik di TBS Sunday Theater "A LIFE ~ Airessi ~".

Tadanobu Asano juga tampil di film-film seperti "Martin Scorsese's Silence", juga dalam film yang disutradarai oleh Yukiko Mishima "Dear Etranger". Ia juga muncul di drama Fuji TV "Keiji Yugami" dari bulan Oktober ini.