Share on

Hari Sabtu dan Minggu lalu yaitu tanggal 28-29 April 2018, salah satu acara pop culture terbesar di Jepang, NicoNico Chokaigi 2018 telah berhasil diadakan di Makuhari Messe di Prefektur Chiba. Dalam acara tersebut, kita bukan hanya disuguhi oleh budaya modern Jepang, tapi juga budaya tradisionalnya. Untuk menyatukannya, beberapa pertunjukan dan booth mengangkat budaya neo tradisional sehingga menjadi sebuah budaya baru yang mampu menarik perhatian seluruh kalangan generasi. Salah satunya adalah pertunjukan Cho Kabuki.

Advertise With Us

Japanese Station pun tahun ini berkesempatan untuk menyaksikan Cho Kabuki 2018 secara langsung di Makuhari Messe. Dalam pertunjukan ini, kita dapat menyaksikan diva virtual terkenal dari Vocaloid yaitu Hatsune Miku, menjadi seorang pemeran kabuki yang handal dan patut diacungi jempol. Dia berkolaborasi dengan Shidou Nakamura yang merupakan aktor kabuki populer di Jepang. Cho Kabuki menawarkan budaya tradisional dengan teknologi canggih yang memberikan kesan sensasional. Mereka berhasil untuk menarik berbagai kalangan penonton termasuk para anak muda yang kurang begitu tertarik dengan kebudayaan tradisional.

Untuk tahun ini, pertunjukan tersebut memiliki judul Tsumoru Omoi Hana no Kao Mise yang merupakan kisah puitis yang terinspirasi oleh cerita klasik Kabuki yang berjudul Tsumoru Koi Yuki no Sekinoto.  Nakamura berperan menjadi dua peran sekaligus yaitu sebagai Koretaka Shinou dan Yasusada Yoshimine. Miku pun berperan sebagai Ahno Natsune serta Shirasagi. Cerita ini dipenuhi dengan cerita perebutan tahta dan pertempuran antar tokoh pria yang ikut bermain di dalamnya. Dimana pada akhirnya sang pangeran dan putri meninggal terbunuh dan terlahir kembali.

Hal yang unik dari pertunjukan ini, kalian dapat melihat Miku tampak seperti nyata dan benar-benar berada diatas panggung serta menari bersama sang aktor kabuki. Efeknya pun bukan main, latar panggung berubah dengan cepat layaknya pertunjukan Kabuki tradisional pada umumnya. Musisinya pun sama persis dengan pertunjukan tradisional. Para penonton yang gembira, selalu menyebut nama Hatsune ya setiap Miku muncul. Tentu saja, nama-nama aktor lain pun selain Miku seperti Shido Nakamura, Rin Kagamine, Chosi Nakamura, serta Kuniya Sawamura. Pertunjukan ini juga dapat disaksikan melalui channel Nico Nico di internet sehingga para penonton dapat berkomentar langsung melalui fitur tersebut.

Rin memiliki peran penting dalam Cho Kabuki kali ini, dia mengajak seluruh pengguna Nico Nico untuk ikut membantu menciptakan keajaiban dimana Miku dan Nakamura terlahir kembali. Pertunjukan ini diakhiri dengan penutupan yang spektakuler dimana hujan sakura turun dan kemudian Shido Nakamura hadir dengan membawa lightstick untuk mengajak penonton berdiri dan menari bersama para pemain.

https://www.youtube.com/watch?v=qZ9baUvoMXc&feature=youtu.be All images and video credit to : Nico Nico Chokaigi 2018

(featured image : Cho Kabuki)