Share on

Pada Selasa, 15 Agustus lalu, Japanese Station berkesempatan menghadiri screening perdana film asal Jepang terbaru yang dibawakan oleh Moxienotion ke layar lebar tanah air, yaitu film live-action Gintama yang dibintangi oleh Shun Oguri dan Kanna Hashimoto. Seperti apa sih serunya film live-action yang ditunggu-tunggu banyak orang , dan juga sukses menjadi box office di negara asalnya ini? Yuk simak di bawah ini!

Rangkaian acara screening perdana ini dimulai sejak sore hari, dari toko buku Kinokuniya di lantai dasar mall Grand Indonesia, di mana nampak belasan cosplayer yang ber-cosplay menjadi tokoh-tokoh dari anime Gintama, seperti Gintoki, Kagura, Elizabeth, dan bahkan Madao. Setelah menunjukkan gaya masing-masing dalam mendalami karakter yang mereka perankan tersebut, semua cosplayer pun berparade menuju ke bioskop CGV Blitz tempat screening ini akan dilaksanakan. Di antara para cosplayer ini juga diadakan perlombaan, di mana cosplayer-cosplayer terbaik mendapatkan hadiah khusus dari Moxienoton.

Bagi kalian yang belum pernah menonton anime-nya, Gintama merupakan sebuah kisah fantasi yang terjadi di dunia paralel, di mana zaman keemasan para samurai diakhiri oleh pendudukan Amanto, alien yang menduduki dan memodernisasi Edo, dan melarang penggunaan pedang. Anime ini mengisahkan keseharianGintoki Sakata, mantan pemberontak yang membuka usaha sebagai Yorozuya, yang melayani permintaan apa saja dengan dibantu oleh teman-temannya Shinpachi dan Kagura, serta anjing peliharaan mereka Sadaharu. Kisah dalam anime-nya sendiri bisa digambarkan sebagai sebuah roller coaster emosi, di mana penonton bisa dibuat terpingkal-pingkal di satu episode, dan menangis terharu di episode selanjutnya.

Sejujurnya, melihat berbagai film live-action yang berasal dari anime yang belakangan banyak muncul, awalnya penulis tidak memiliki harapan besar akan film live-action ini, terlebih lagi, Gintama adalah sebuah seri yang dikenal dengan candaannya yang nyentrik dan out of the box. Meski demikian, live-action Gintama berhasil menerjemahkan candaan khas anime-nya tersebut ke dalam versi live-action-nya tanpa masalah. Beberapa candaan mungkin hanya akan dipahami oleh mereka yang menonton versi anime atau membaca manga-nya, dan sebagian candaan lainnya hanya akan jadi sangat lucu jika yang menonton menyukai dan memiliki pengetahuan tentang anime lain, namun kelucuan-kelucuannya akan tetap bisa dinikmati oleh mereka yang bahkan tidak pernah menonton Gintama sebelumnya. Hal ini saja sebenarnya sudah menjadi alasan yang cukup untuk memasukkan Gintama ke dalam daftar live-action yang wajib kalian tonton.

Selain soal apakah humornya akan bisa diterjemahkan dengan baik atau tidak ke layar lebar, hal lain yang cukup menjadi perhatian banyak penggemar Gintama adalah, meskipun film live-action ini diperankan oleh tokoh-tokoh ternama perfilman Jepang yang telah disulap mirip dengan karakter di anime-nya, apakah mereka akan bisa menghidupkan karakter-karakter tersebut di layar lebar? Menurut penulis sih, mereka cukup berhasil membawakan karakter mereka dengan baik, dan aktor ganteng semacam Shun Oguri saja rela mengeluarkan pose mengupil khas Gintoki berkali-kali, dan aktris kawaii Kanna Hashimoto mengeluarkan ekspresi yang lucu-tapi-tidak-kawaii alias aneh-aneh.

Tentu saja, film live-action ini masih memiliki kekurangan, seperti adegan-adegan seriusnya yang cukup slow-paced dan kadang bikin mengantuk. Meski demikian, kekurangan-kekurangan tersebut tertutupi dengan candaan-candaan khas Gintama, seperti referensi kepada anime lain, mulai dari yang halus sampai yang sudah menyerempet-nyerempet pelanggaran hak cipta, sampai ke breaking the fourth wall. Adegan favorit penulis sendiri adalah seluruh adegan komedi film ini candaan di awal film mengenai Kagura dan pemerannya, yaitu Kanna Hashimoto. Seperti apa candaannya? Kalian harus nonton sendiri!

Jika kalian menyukai Gintama, atau menyukai film komedi, atau ingin menonton film yang candaannya cheesy tapi tetap bisa membuat tertawa terbahak-bahak, tonton film live-action Gintama ini, yang akan bisa dinikmati oleh umum di layar lebar Indonesia mulai tanggal 23 Agustus 2017 mendatang.

(Featured image & Gintama poster: moxienotion)(All other images: Japanese Station / The 1993)